Pemain Film Harry Potter Dame Maggie Smith Meninggal Dunia

Jum'at, 27 September 2024 - 22:03 WIB
loading...
Pemain Film Harry Potter...
Aktris senior yang membintangi film Harry Potter, Dame Maggie Smith meninggal dunia. Foto/ pagesix
A A A
JAKARTA - Kabar duka datang dari industri perfilman Inggris. Aktris senior sekaligus bintang film Harry Potter , Dame Maggie Smith meninggal dunia di usia 89 tahun.

Melansir BBC, Jumat (27/9/2024), kabar tersebut dikonfirmasi putra Smith, Chris Larkin dan Toby Stephens. Mereka mengonfirmasi bahwa Maggie telah meninggal dunia dalam sebuah pernyataan kepada Press Association.



“Dengan penuh kesedihan kami harus mengumumkan kematian Dame Maggie Smith. Ia meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat, 27 September,” ungkap putra Smith.

Chris dan Toby mengatakan Dame Maggie Smith tutup usia di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster, Inggris.

Mereka mengungkap keluarga begitu berduka dan merasakan kehilangan mendalam atas meninggalnya artis senior ini.

“Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih yang sangat terpukul atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa,” ungkapnya.

Sosok Dame Maggie Smith merupakan bintang senior asal Inggris yang terkenal saat membintangi waralaba, Harry Potter. Kariernya dimulai di teater dan memperoleh nominasi Bafta pertamanya dalam melodrama 1958, Nowhere to Go.



Pada 1963, dia ditawari peran Desdemona oleh Laurence Olivier, untuk beradu akting dengan Othello, di Teater Nasional, dan dua tahun kemudian, peran tersebut dibuat menjadi film dengan pemeran aslinya, dengan Smith dinominasikan untuk Oscar.

Beberapa perannya yang paling berkesan termasuk pada film Merchant Ivory tahun 1985 A Room With a View, di mana ia berperan sebagai pendamping Charlotte Barlett, yang menemani Lucy Honeychurch yang diperankan Helen Bonham Carter ke Italia. Peran tersebut membuatnya dinominasikan untuk Oscar dan Golden Globe.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)