alexametrics

Tips Membuat Cendol Tanpa Santan, Biar Tak Kolesterol

loading...
Tips Membuat Cendol Tanpa Santan, Biar Tak Kolesterol
Santan menjadi salah satu bahan membuat cendol. Namun, santan bisa memicu kolesterol. Anda pun bisa menggantinya dengan bahan lain agar cita rasa cendol tetap terjaga. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Cendol merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, tetapi kini cendol terbuat dari tepung beras.

Dalam penyajiannya, cendol dihidangkan bersama dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Minuman ini memiliki rasa yang manis, gurih dan menyegarkan. Tak heran jika banyak orang menyukai minuman yang satu ini.

Sayang, penggunaan santan yang belebihan dapat memicu kolesterol. Dikutip Endeustv, penggunaan susu putih full cream bisa menjadi alternatif bagi mereka yang menghindari kolesterol. Sementara, cara membuat cendol tanpa santan tidak berbeda jauh dengan cendol pada umumnya.



Pertama, siapkan gula jawa dan susu full cream sebagai pengganti santan. Disarankan untuk memilih susu putih low fat yang artinya rendah lemak. Susu low fat bisa mencegah kolesterol tinggi. Setelah semua bahan sudah siap, cairkan gula jawa. Lelehkan gula jawa ke dalam panci atau teflon lalu masukkan air secukupnya.

Aduk sesekali hingga gula jawa telah menjadi cair. Setelah gula jawa cair sempurna, sisihkan. Selanjutnya siapkan secangkir gelas untuk es cendol yang telah disiapkan tadi. Masukkan cendol secukupnya ke dalam gelas. Lalu masukkan susu putih full cream kurang lebih hingga setengah gelas dan yang terakhir masukkan gula jawa secukupnya untuk menambah rasa manis.

Tidak lupa untuk memberikan es agar Anda bisa menikmati segelas es cendol tanpa santan dengan sensasi yang dingin dan segar. Pemilihan susu putih full cream menjadi alternatif yang tepat karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Susu segar yang berasal dari sapi ini memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat dan vitamin yang merupakan komposisi zat seimbang yang baik untuk kesehatan. Menggunakan susu full cream pada es cendol juga memberikan rasa yang lebih gurih dan lezat. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi minum es cendol karena pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang alami.

Selain susu sapi, ada varian susu lainnya yang tidak kalah nikmat yang bisa Anda coba sebagai bahan campuran pada es cendol. Pada dasarnya es cendol bisa menjadi minuman yang menyehatkan asalkan bahan pembuatannya menggunakan bahan-bahan alami.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak