alexametrics

Nasi Tim, Olahan Nasi Bumbu Kukus Khas China-Indonesia

loading...
Nasi Tim, Olahan Nasi Bumbu Kukus Khas China-Indonesia
Nasi Tim, Olahan Nasi Bumbu Kukus Khas China-Indonesia
A+ A-
JAKARTA - Nasi tim adalah hidangan China-Indonesia berupa nasi dan ayam berbumbu gurih yang dikukus. Bahan-bahannya adalah daging ayam, selebihnya bisa dikombinasikan jamur, dan dibumbui dengan bahan-bahan yang membuat kudapan ini terasa spesial.

Untunk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB.
Bahan 1:¼ ekor Ayam, bagian paha
1.250 ml Air
1 sdt Ladaku Merica Bubuk
1 sdt Garam
1 batang Daun Bawang, dipotong-potong

Bahan 2:
3 sdm Minyak Goreng
3 siung Bawang Putih, cincang
2 cm Jahe, dimemarkan
2 batang Daun Bawang, dirajang



Bahan 3:
2 sdm Kecap Manis
1 sdm Kecap Asin
1 sdm Kecap Inggris
1 sdm Saus Tiram

Bahan 4:
1 sdt Gula Pasir
¼ sdt Ladaku Merica Bubuk
350 g Nasi Putih
1 sdm Minyak Wijen
2 sdm Bawang Goreng
25 g Daun Ketumbar

Cara membuat:
Rebus bahan 1 hingga mendidih kemudian kecilkan api, rebus kembali selama 45 menit dengan panci tertutup. Angkat ayam dan potong dadu, sisihkan potongan ayam ini. Sisihkan juga kaldu dari rebusan ayam.

Tumis bawang putih, jahe dan daun bawang, sampai bawang putih mulai kekuningan. Campur semua bahan 3 ke dalam wadah, aduk lalu masukkan ke dalam tumisan, masak hingga mulai harum dan kuah pekat. Tambahkan Ladaku Merica Bubuk dan gula pasir, aduk hingga gula larut. Masukkan ayam rebus yang sudah dipotong dadu.

Matikan api, masukkan minyak wijen, aduk kembali hingga rata. Letakkan tumisan ayam secukupnya pada dasar mangkok tahan panas. Beri nasi hampir 60% memenuhi mangkok. Tuangi dengan kaldu ayam hingga nasi terendam, lakukan kembali hingga bahan habis.

Kukus selama 35 menit hingga nasi menjadi nasi tim. Angkat kemudian balik mangkok nasi tim di atas piring. Sajikan selagi masih panas dengan taburan bawang goreng dan daun ketumbar.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak