7 Mahkota Termahal Kerajaan Inggris, Imperial State Crown Dilapisi 2.868 Berlian

Minggu, 29 September 2024 - 07:41 WIB
loading...
7 Mahkota Termahal Kerajaan...
Mahkota termahal Kerajaan Inggris membuat masyarakat penasaran. apalagi, harganya bernilai fantastis. Foto/ vocal.media
A A A
JAKARTA - Mahkota termahal Kerajaan Inggris membuat masyarakat penasaran. Tidak saja harganya, bentuknya pun banyak yang tidak tahu. Apalagi, mahkota bertahta berlian ini memiliki sejarah panjang sejak berabad-abad silam.

Ya, mahkota menjadi salah satu aksesoris penting bagi pemimpin kerajaan atau raja. Bahkan, kerajaan tidak segan untuk mengeluarkan biaya fantastis guna membuat mahkota. Penasaran? Dikutip vocal.media, berikut ulasannya.


Mahkota Termahal Kerajaan Inggris

7. The Sovereign’s Orb

The Sovereign’s Orb atau Bola Mahkota Raja secara resmi merupakan representasi kekuatan raja yang melambangkan dunia Kristen, permata mahkota ini dibagi menjadi tiga bagian yang mewakili benua dari abad pertengahan.

Menampilkan pita permata sebagai pemisah dan salib yang dipasang pada bola emas, Bola Mahkota Raja mengingatkan raja bahwa kekuatan mereka berasal dari Tuhan. Bola itu berisi 12 berlian besar, 30 rubi, safir dan zamrud untuk penobatan George I pada tahun 1714.

Sebagai bagian dari tanda kebesaran penobatan, Bola Penguasa dibuat pada tahun 1661 dan pertama kali digunakan untuk penobatan Charles II pada tahun 1661.

Bola itu terakhir kali digunakan selama penobatan Ratu Elizabeth II pada hari Selasa, 2 Juni 1953 dan akan digunakan setelah Charles dinobatkan menjadi raja dan kemudian ketika Pangeran William menggantikan ayahnya. Meskipun hanya dipasangi permata imitasi untuk tujuan pajangan, bola mahkota diperkirakan memiliki nilai 200 ribu USD atau sekira Rp3 miliar.
7 Mahkota Termahal Kerajaan Inggris, Imperial State Crown Dilapisi 2.868 Berlian

6. Prince of Wales Coronet

Prince of Wales Coronet atau Mahkota Pangeran Wales merupakan mahkota milik Charles. Mahkota kecil ini yang digunakan pada pelantikan sang pangeran, yang sekarang menjadi raja pada 1969.

Dirancang oleh seniman Louis Osman, mahkota tersebut merupakan hadiah dari Worshipful Company of Goldsmiths kepada ibu sang Pangeran, Ratu Elizabeth II.

Menampilkan 75 berlian dan 12 zamrud yang semuanya berwarna putih dan hijau, dan bahkan bola pingpong berlapis emas.

Raja Charles III tidak mengenakan mahkotanya sejak pelantikannya, namun mahkota tersebut dibawa di hadapannya saat ia duduk di House of Lords pada 1970. Ditempatkan di Istana St James, London pada 2011, mahkota dan bagian lain dari pelantikan Charles disatukan dengan bagian-bagian lain di Jewel House di Tower of London pada 2020. Diperkirakan nilainya mendekati 220 ribu USD atau sekira Rp3,3 miliar.
7 Mahkota Termahal Kerajaan Inggris, Imperial State Crown Dilapisi 2.868 Berlian

5. The Diamond Diadem

The Diamond Diadem atau Mahkota Berlian merupakan mahkota George IV, yang secara resmi dikenal saat ini sebagai Mahkota Berlian yang dibuat pada 1820.

Mahkota ini dipakai oleh Ratu dan selir ratu saat dalam prosesi penobatan kenegaraan dan pembukaan parlemen kenegaraan, mahkota ini ditampilkan dalam lukisan, prangko, dan mata uang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)