7 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin C, Waspada Luka Sulit Sembuh

Minggu, 29 September 2024 - 18:00 WIB
loading...
7 Gejala Tubuh Kekurangan...
Ada beberapa gejala yang menunjukkan tubuh kekurangan vitamin C. Sayangnya, kondisi ini sering kali diabaikan banyak orang, padahal dapat memengaruhi kesehatan. Foto/Tiki
A A A
JAKARTA - Ada beberapa gejala yang menunjukkan tubuh kekurangan vitamin C . Sayangnya, kondisi ini sering kali diabaikan oleh banyak orang, padahal dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebagai salah satu vitamin esensial, vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, membantu penyembuhan luka. Termasuk menjaga kesehatan kulit dan gigi. Vitamin C sendiri mudah diperoleh melalui sumber alami.

Tetapi banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin C karena tidak dapat disimpan dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan vitamin C, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Mulai dari kulit yang mudah kering hingga luka yang sulit sembuh.

Berikut adalah gejala utama tubuh kekurangan vitamin C yang perlu segera diatasi sebelum memicu masalah kesehatan lebih serius seperti dilansir dari Times of India, Minggu (29/9/2024).

7 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin C





1. Sering Sakit


Jika Anda terserang setiap infeksi saluran pernapasan dan virus, ini tandanya perlu meningkatkan asupan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi sel dari stres oksidatif dan membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Vitamin antioksidan ini juga mempercepat penyembuhan luka dan pembentukan kolagen yang sehat. Vitamin C dapat membantu Anda mencegah infeksi terbaru. Selain itu, jika Anda tidak mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C, tubuh Anda mungkin menginginkannya.

2. Luka Sulit Sembuh


Jika Anda mengalami kesulitan penyembuhan setelah operasi, luka sayat, atau luka lainnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambah asupan vitamin C. Menurut penelitian, lebih dari separuh pasien yang menerima vitamin C dosis tinggi setelah operasi sembuh lebih cepat daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut.

Vitamin C mendukung kolagen yang sehat, protein yang menjaga kulit tetap halus dan elastis. Tanpa vitamin C yang cukup, tubuh tidak membuat kolagen baru yang cukup seiring bertambahnya usia, itulah sebabnya banyak orang tua memiliki kerutan di pipi dan tangan mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)