alexametrics

Goyang Lidah dengan Sensasi Gurihnya Tumis Cumi Pedas

loading...
Goyang Lidah dengan Sensasi Gurihnya Tumis Cumi Pedas
Tumis cumi pedas akan menjadi teman bersantap Anda bersama nasi hangat menjadi istimewa. Sensasi rasa pedas dan gurihnya membuat lidah Anda akan bergoyang. (Tastemade Indonesia)
A+ A-
JAKARTA - Rasanya akan sangat sulit untuk menolak ajakan menyantap sepiring nasi hangat dengan ditemani cumi sebagai lauknya. Apa pun bentuk olahannya, cumi seolah selalu menggoda selera makan sebagian besar orang. Salah satunya adalah tumis cumi pedas ini.

Dari aromanya saja, orang pasti tergoda untuk menyantapnya. Apalagi, pada gigitan pertama, rasa pedas gurih cumi ini bisa membuat siapa saja ketagihan. Penasaran dengan cara membuatnya? Berikut resep tumis cumi pedas dari Tastemade Indonesia!

Bahan:
500 gr cumi segar
Gula pasir
Garam
Minyak goreng



Bumbu:
10 buah cabai rawit merah
2 papan petai, iris
7 siung bawang merah, iris
5 siung bawang putih, iris
1 btg serai
1 ruas jahe
1 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 buah cabai merah besar
1 buah cabai hijau besar
2 buah tomat hijau

Cara membuat:
1. Bersihkan cumi. Potong-potong bentuk cincin dengan lebar kira-kira 1 ruas jari. Beri perasan air jeruk nipis, sisihkan.

2. Panaskan minyak. Goreng irisan petai bersama cabai rawit merah utuh hingga berubah warna. Angkat, tiriskan.

3. Dengan minyak yang baru, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan serai, jahe, daun salam, daun jeruk, cabai merah besar, cabai hijau besar, dan tomat hijau. Tumis kembali hingga harum.

4. Masukkan cumi, aduk rata. Masak sebentar di atas api besar hingga kandungan air dalam cumi menguap. Beri garam dan gula pasir, aduk rata. Cicipi.

5. Masukkan cabai rawit merah dan petai yang sudah digoreng sebelumnya, aduk rata. Jangan masak terlalu lama agar cumi tidak alot. Matikan api.

6. Sajikan dengan nasi hangat.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak