alexametrics

Tak Perlu Buku Resep, 7 Cara Ini Membuat Makanan Terasa Lebih Enak

loading...
Tak Perlu Buku Resep, 7 Cara Ini Membuat Makanan Terasa Lebih Enak
Membuat makanan terasa enak terkadang menjadi tantangan bagi banyak orang. Apalagi bagi pemula. Namun, ada beberapa cara mengatasnya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Memasak merupakan kegiatan yang selalu dilakukan setiap hari. Meski terlihat mudah, namun membuat makanan terasa enak terkadang menjadi tantangan bagi banyak orang. Bagi pemula, tentu ini menjadi kendala tersendiri. tapi, tak perlu khawatir dan tak perlu juga mengeluarkan buku resep.

Ada cara sederhana yang dipercaya dapat membuat makanan terasa lebih enak. Tips ini dapat diterapkan dengan mudah dan dapat menghemat waktu. Caranya dengan menggunakan gula sebagai bumbu masakan. Tambahkan sedikit gula pada protein tanpa lemak untuk membuat makanan terasa lezat.

Tak hanya gula, seperti dilansir Times of India, ada beberapa cara sederhana lainnya untuk membuat makanan terasa lebih enak.



1. Tambahkan rempah-rempah pada waktu yang tepat
Menambahkan rempah-rempah di awal proses memasak akan menghasilkan rasa maksimal. Namun, pastikan Anda menambahkan bumbu halus di akhir proses memasak agar rasa tidak hilang dan warna tetap cantik.

2. Panggang sayuran di panas tinggi
Memanggang sayuran dengan api besar memusatkan rasa dan memunculkan rasa manis pada sayuran. Panas yang kering dari oven seringkali mengaramelkan gula alami pada sayuran dan menghasilkan rasa yang luar biasa.

3. Kue atau roti berwarna emas kecokelatan
Jangan mengambil roti, pai, atau bahkan kue dari oven sampai bagian luarnya berwarna cokelat keemasan. Sederhananya, cokelat = rasa.

4. Makan setelah makanan sudah dingin
Ini adalah fakta bahwa indera perasa sensitif terhadap suhu. Makan makanan yang langsung keluar dari oven akan menekan rasa, jadi yang terbaik adalah membiarkan makanan Anda dingin sebelum Anda siap untuk makan.

5. Goreng rempah-rempah
Untuk melepaskan rasa, para ahli makanan merekomendasikan untuk menggoreng rempah-rempah sebentar sebelum menggunakannya. Ini dilakukan untuk meningkatkan cita rasa asli rempah agar lebih berani dan lebih kuat.

6. Jangan membuang kerak pada wajan
Ada rasa gurih pada potongan-potongan cokelat yang menempel di bagian bawah wajan. Mengikisnya dengan sendok kayu dan menambahkannya ke sup, semur dan saus akan menambah rasa makanan.

7. Simpan mentega di freezer
Lemak dalam mentega, minyak, dan kacang-kacangan bisa menjadi tengik ketika mereka terlalu banyak terpapar oksigen dan cahaya. Yang terbaik adalah mengurangi paparan ini untuk memperlambat proses. Karenanya, menyimpan lemak dengan benar adalah yang terpenting. Mentega dan kacang-kacangan dimasukkan kembali ke dalam freezer sementara minyak nabati simpan di dapur dengan pencahayaan yang minim.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak