alexametrics

6 Trik Diet Mediterania Penuh Gizi, tapi Bikin Berat Badan Turun

loading...
6 Trik Diet Mediterania Penuh Gizi, tapi Bikin Berat Badan Turun
Makanan Mediterania telah menjadi terkenal di masa lalu dan juga penuh gizi. Menariknya, selain enak, juga efektif membantu program penurunan berat badan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Makanan Mediterania telah menjadi terkenal di masa lalu. Beberapa alasannya karena enak dan efektif membantu program penurunan berat badan. Selain itu, juga bergizi.

Pada dasarnya, diet mediterania terdiri dari makanan nabati dengan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Tapi, susu dan daging juga masuk dalam diet ini, hanya saja dalam jumlah terbatas.

Diet mediterania juga dinilai salah satu diet terkaya di dunia, tapi tak perlu khawatir karena dapat disesuaikan dengan anggaran sehingga menjadi pilihan yang sangat layak. Kacang, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, semuanya bisa disesuaikan dengan anggaran.



Sementara, jika Anda membatasi menikmati makanan bebas dan memilih fokus pada makan yang bersih, Anda dapat menyesuaikan diet ini untuk bisa bekerja pada diet yang Anda inginkan. Seperti dilansir Times of India, ahli gizi Dr Pooja Sharma berbagi tips soal diet ini:

1. Buah dan sayuran
Makan 7 hingga 10 porsi buah dan sayuran setiap hari menjadi salah satu aspek terbaik dan paling penting dari diet Mediterania.

2. Biji-bijian
Salah satu cara termudah dan paling penting untuk melakukan peralihan diet mediterania adalah dengan memilih roti gandum, sereal, dan pasta. Kadang-kadang Anda dapat bereksperimen dengan biji-bijian utuh lainnya, seperti bulgur dan farro.

3. Minyak zaitun
Minyak zaitun yang diekstrak dari buah Olea europaea memainkan peran penting dalam diet mediterania. Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs) yang dianggap sebagai lemak makanan sehat yang sangat bermanfaat, tidak seperti lemak jenuh dan lemak trans.

4. Ikan
Ikan dianggap sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baik. Jika Anda bukan seorang vegetarian, tambahkan ikan dua kali seminggu ke dalam makanan Anda. Ikan tuna, salmon, trout, mackerel dan herring adalah pilihan yang baik untuk tubuh dan otak.

5. Tolak daging merah
Ada baiknya menghindari daging merah dan ganti dengan kacang atau ikan. Tetapi, jika Anda seseorang yang tidak bisa hidup tanpa daging, sertakan daging tanpa lemak. Bantuan yoghurt tawar yang murah hati juga merupakan tambahan yang bagus.

6. Rempah
Bumbu dan rempah-rempah sangat mengurangi kebutuhan akan garam dalam masakan. Manfaatkan bumbu dan rempah untuk menambah kenikmatan bersantap, dan bumbui makanan Anda tanpa merasa bersalah.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak