Sejarah TPU Tanah Kusir, Tempat Peristirahatan Terakhir Marissa Haque

Kamis, 03 Oktober 2024 - 01:00 WIB
loading...
Sejarah TPU Tanah Kusir,...
Artis Marissa Haque dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Rabu (2/10/2024). Ia meninggal dunia di usia 61 tahun pada hari ini pukul 02.00 WIB. Foto/Google Maps Dripa Sj
A A A
JAKARTA - Artis Marissa Haque dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Rabu (2/10/2024). Ia meninggal dunia di usia 61 tahun pada hari ini pukul 02.00 WIB setelah sempat tidak sadarkan diri dan dibawa ke RS Premier Bintaro.

Anak Marissa Haque, Chiki Fawzi mengungkap bahwa dimakamkan di TPU Tanah Kusir merupakan permintaan terakhir sang ibu kepada keluarga. Ia bahak sempat meminta bantuan netizen untuk mencari informasi soal pemakaman di sana.

“Ibuku cuma mau dimakamin di Tanah Kusir. Caranya gimana. Instagram please do your magic. Mau beri yang terbaik buar ibu. Aku harus apa, harus hubungi apa," tulis Chiki dikutip dari akun Instagram pribadinya, Kamis (3/10/2024).

Sejarah TPU Tanah Kusir







Asal-usul Nama Tanah Kusir



TPU Tanah Kusir salah satu pemakaman terbesar di Jakarta dan menyimpan kisah unik di balik namanya. Jauh sebelum menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak orang seperti Marissa Haque, kawasan ini adalah milik seorang tuan tanah keturunan Tionghoa.

Kisah bermula dari sebuah kejadian memalukan di sebuah pertemuan besar yang dihadiri oleh tuan tanah tersebut bersama para tamu penting, termasuk pejabat Belanda. Saat itu, secara tidak sengaja terjadilah suara kentut yang cukup keras. Untuk menghindari kemarahan tuannya, sang kusir pun mengaku sebagai pelaku.

Merasa bersalah dan terhibur sekaligus, tuan tanah tersebut kemudian memberikan sebidang tanah kepada sang kusir sebagai hadiah. Sejak saat itu, kawasan tersebut dikenal dengan nama Tanah Kusir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0731 seconds (0.1#10.140)