Pentingnya Menyediakan Perlengkapan P3K di Kendaraan Anda

Selasa, 10 Desember 2019 - 11:30 WIB
Pentingnya Menyediakan Perlengkapan P3K di Kendaraan Anda
Pentingnya Menyediakan Perlengkapan P3K di Kendaraan Anda
A A A
JAKARTA - Memiliki kotak pertolongan pertama yang lengkap dapat membantu mempersiapkan diri untuk cedera dan keadaan darurat umum. Ini juga dapat membantu dalam menanggapi krisis medis secara efisien. Mempersiapkan pertolongan pertama dalam kendaraan sangat penting untuk menghadapi situasi darurat saat berada di luar ruangan, ini akan membantu menghindari kesakitan lebih lanjut sampai bantuan medis tiba.

Anda atau pengendara lain mungkin menderita memar, gigitan, luka atau cedera yang bisa diobati sendiri saat bepergian dengan bantuan kotak P3K. Bertepatan dengan Hari Pertolongan Pertama Sedunia yang jatuh pada Sabtu kedua di bulan September, Dr Sandeep Gore dari Kedokteran Darurat HOD, Rumah Sakit Fortis, Mulund, menyarankan barang-barang penting yang harus dimiliki di kotak P3K di mobil. Untuk anak-anak, Anda dapat tetap menggunakan obat dosis rendah yang diresepkan.

Dilansir dari Times Now News, barang-barang P3K yang harus disimpan di mobil diantaranya band-aids (plester luka), bantalan kasa dan gulungan, salep antiseptik, ice pack dan bantalan pemanas. Selain itu, juga sediakan semprotan penghilang rasa sakit, krim untuk mengobati luka bakar, belat kit, penolak serangga, kapas dan lap, termometer, gunting dan pinset, pembersih tangan, larutan garam untuk membersihkan luka

Sementara, barang-barang penting untuk membantu mengatasi luka serius merupakan barang-barang yang perlu digunakan selama keadaan darurat medis yang parah seperti serangan jantung, tersedak, tenggelam atau kecelakaan mobil. Diantaranya adalah masker cardio-pulmonary resuscitation (CPR) untuk dari mulut ke mulut dan epiPen untuk reaksi alergi ekstrem.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan membawa barang-barang penting lainnya seperti obat anti-mual, juga penting untuk membawa salinan resep untuk penyakit serius seperti asma, jantung. Yang penting, memiliki salinan nomor kontak darurat merupakan suatu keharusan. Sedangkan untuk keadaan darurat umum, Anda dapat membawa senter dengan baterai ekstra, topi dan sarung tangan, pemadam api, air minum dan makanan kering dengan umur simpan lebih lama dan kompas.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4539 seconds (0.1#10.140)