alexametrics

4 Makanan Kaya Vitamin B12 yang Baik untuk Vegetarian

loading...
4 Makanan Kaya Vitamin B12 yang Baik untuk Vegetarian
Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan semua orang. Sementara, vegetarian cendrung kekurangan vitamin ini. Mengatasinya bisa dengan 4 makanan ini. Foto/Istimewa.
A+ A-
NEW DELHI - Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan semua orang. Kekurang vitamin itu dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Lebih dari itu, Vitamin B12 melindungi sistem saraf, membantu pembentukan, pembelahan sel darah merah dan memberi energi pada tubuh.

Vegan dan vegetarian sendiri cenderung kekurangan vitamin B12. Pasalnya sebagian besar vitamin ini ditemukan dalam daging, telur, dan produk susu.

Sementara, asupan harian vitamin B12 dibutuhkan semua orang. Akan tetapi kebutuhan tiap orang berbeda dari setiap kelompok umur. Balita membutuhkan vitamin B12 antara 1 dan 3 tahun: 0,9 mikrogram (mcg) per hari. Sementara, anak-anak antara 4 dan 8 tahun: 1,2 mcg per hari, anak-anak 9 dan 13 tahun: 1,8 mcg per hari, dewasa dan remaja: 2,4 mcg per hari.



Adapun bayi membutuhkan 0,5 mcg per hari dan bayi kurang dari 6 bulan hanya membutuhkan 0,4 mcg per hari. Berbeda lagi dengan wanita hamil, membutuhkan 2,6 mcg per hari dan ibu menyusui membutuhkan 2,8 mcg per hari.

Seperti dilansir Times of India, ada 4 sumber Vitamin B12 yang bisa dimanfaatkan vegetarian. Berikut ulasannya;

1. Susu
Satu cangkir susu memberi Anda hampir 20 persen dari asupan harian yang disarankan. Pilih susu rendah lemak atau susu skim untuk mengurangi kalori tanpa mengurangi protein. Vitamin B12 dalam susu lebih baik diserap dalam tubuh dibandingkan dengan suplemen.

2. Yoghurt
Anda akan terkejut mengetahui bahwa yoghurt memiliki penyerapan Vitamin B12 tertinggi - antara 51 persen hingga 79 persen. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan secangkir yogurt favorit Anda dalam makanan sehari-hari.

3. Keju
Selain menjadi sumber protein yang baik untuk vegetarian, keju juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik untuk. Keju swiss susu murni adalah yang terkaya vitamin B12 dengan 36 persen dalam setiap 30 gram.

4. Nutrisi ragi

Ragi nutrisi memiliki 5 mcg Vitamin B12 per sendok, yang dua kali lipat dari jumlah yang disarankan untuk orang dewasa. Dengan demikian, ragi nutrisi menjadi sumber vitamin B12 terbaik untuk vegan. Anda bisa menaburkan ragi nutrisi dalam popcorn, memasukkan telur Anda, mencampurnya dengan sup Anda, menaburkannya di salad atau menambahkannya dalam pasta.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak