alexametrics

Sering Kepedasan? Begini Cara Mengurangi Rasa Pedas pada Makanan

loading...
Sering Kepedasan? Begini Cara Mengurangi Rasa Pedas pada Makanan
Tidak semua orang suka makanan yang super pedas. Ada juga sebagian yang suka level kepedasan di makanan biasa saja dan ingin mengurangi level kepedasannya. (MSN)
A+ A-
JAKARTA - Makanan dengan cita rasa pedas masih menjadi tren kuliner Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya penjajak kuliner yang menghadirkan berbagai olahan dengan tingkat level kepedasan yang beragam. Sebut saja ayam geprek, seblak, bakso aci hingga mi.

Masyarakat Indonesia sendiri dikenal senang untuk menambahkan elemen pedas pada makanan yang dikonsumsi karena dinilai dapat menambahkan cita rasa dari makanan tersebut. Berbagai jenis makanan seperti bakso, nasi goreng, mie ayam, dan makanan lainnya seringkali dikombinasikan dengan menggunakan sambal.

Namun, saat ini rasa pedas yang dihadirkan para pelaku industri makanan terbilang tidak lazim. Alasannya tak lain karena adanya tingkat level kepedasan yang justru dapat merusak rasa hidangan yang ada, bukan menambah kenikmatan. Menempatkan bumbu lebih banyak dari yang dibutuhkan adalah kesalahan yang tidak disengaja yang terjadi secara umum dalam memasak sehari-hari.



Seperti halnya menaruh bubuk rempah dua kali lipat, atau cabai terlalu banyak sehingga makanan terasa super pedas. Sebelum membuang makanan tersebut, bacalah tips dibawah ini untuk mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa pedas dan menyeimbangkan rasa makanan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times of India.

1. Susu
Menambahkan susu dapat membantu mengurangi jumlah rempah dalam makanan dan juga memberikan efek pendinginan. Anda harus menambahkan susu, dadih atau bahkan krim ke piring untuk menyesuaikan tingkat bumbu. Selain menambahkan dalam hidangan, Anda harus minum susu daripada air untuk mengurangi efek makanan pedas.

2. Tambahkan lebih banyak bahan
Jika Anda telah menyiapkan sup atau kari yang terasa pedas, tambahkan saja sedikit air untuk memperbaikinya. Anda juga dapat menambah jumlah bahan lain, seperti, mi atau pasta dalam hidangan pasta, atau menambahkan lebih banyak sayuran di hidangan utama. Sayuran seperti bawang, wortel, dan kacang-kacangan dapat digunakan untuk menyeimbangkan rasa dalam hidangan.

3. Selai kacang
Kurangi rasa pedas yang berlebih dengan menambahkan beberapa selai kacang ke dalam piring. Anda tidak akan merasakan selai kacang saat mengkonsumsi hidangan tersebut atau, Anda juga bisa menggunakan mentega almond untuk hal yang sama. Rasa mentega bisa membantu melunakkan rasa dan menetralkan bumbu.

4. Asam
Yang dimaksud dengan asam adalah zat asam seperti cuka, jeruk, atau bahkan saus tomat. Hanya satu atau dua sendok teh zat-zat ini dapat bekerja dengan baik untuk menyelamatkan Anda dari rasa makanan pedas.

5. Jus lemon

Sama seperti asam, beberapa perasan jus lemon juga membantu mengurangi kepedasan makanan. Tanginess dari jus lemon bekerja dengan bumbu ekstra untuk mendapatkan keseimbangan rasa dan rasa yang sempurna.

6. Tambahkan rasa manis
Alih-alih menggigit makanan manis setelah makan pedas, tambahkan rasa manis dalam makanan Anda untuk menghindari bumbu tambahan. Anda dapat menambahkan gula, madu, atau jaggery untuk memberikan rasa yang lebih manis, tetapi pastikan perhatikan kuantitasnya. Tidak hanya gula, Anda dapat menambahkan pemanis alami seperti bawang dan tomat yang rasanya manis dan membantu menyeimbangkan rasa.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak