Studi: Konsumsi Jus Buah dan Kopi Tingkatkan Risiko Stroke, Lebih Sehat Teh

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 10:00 WIB
loading...
Studi: Konsumsi Jus...
Studi terbaru menemukan bahwa mengonsumsi jus buah, minuman bersoda, dan kopi dapat meningkatkan risiko stroke. Sedangkan, minum teh mengurangi risiko ini. Foto/Istock Photo Thanarat27
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa mengonsumsi jus buah , minuman bersoda, dan kopi dapat meningkatkan risiko stroke . Sedangkan, minum teh hitam dan teh hijau dapat mengurangi risiko ini.

Minum tujuh gelas air juga ditemukan terkait dengan berkurangnya risiko stroke. Temuan ini berasal dari dua analisis proyek penelitian Interstroke yang meneliti efek dari minum minuman bersoda, jus buah, dan air, serta minum teh dan kopi.

Temuan terkait jus buah dan minuman bersoda dipublikasikan di Journal of Stroke. Sementara temuan terkait teh dan kopi dilaporkan di International Journal of Stroke. Para peneliti menemukan bahwa minum lebih dari empat cangkir kopi per hari meningkatkan risiko stroke, sedangkan jumlah teh yang sama dapat menurunkan risiko tersebut.

Dalam satu analisis, para peneliti menemukan bahwa minum hingga satu minuman berkarbonasi per hari, baik yang dimaniskan dengan gula atau pemanis buatan dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke secara keseluruhan sebesar 22 persen. Risiko tersebut meningkat tiga kali lipat ketika dua dari minuman ini dikonsumsi per hari.

Baca Juga: Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Stroke Iskemik, Penyakit yang Sebabkan Kematian Park Jin Ah

Studi tersebut mencatat bahwa peningkatan risiko stroke berasal dari banyak produk yang dipasarkan sebagai jus buah memiliki kandungan konsentrat. Ini merupakan gula tambahan, dan bahan pengawet yang tinggi, yang dapat menghilangkan manfaat yang terkait dengan buah segar, dan meningkatkan risiko stroke.

Minuman sari buah dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke sebesar 37 persen akibat pendarahan atau perdarahan intrakranial. Dengan dua minuman ini sehari, risikonya meningkat tiga kali lipat. Wanita terbukti mengalami peningkatan risiko stroke akibat pendarahan atau perdarahan intrakranial yang terkait dengan sari buah dibandingkan dengan pria.

Dilansir dari Times of India, Sabtu (5/10/2024), penelitian lain mencatat bahwa mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi sehari meningkatkan risiko stroke hingga 37 persen. Namun, asupan yang lebih rendah tidak meningkatkanrisikostroke.

Minum teh, terutama dalam jumlah yang cukup, dapat membantu mengurangi risiko stroke yang disebabkan oleh gumpalan darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lebih dari tujuh gelas teh per hari dapat menurunkan risiko stroke hingga 18-20 persen.

Baca Juga: Awas! Duduk Terlalu Lama Picu Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Konsumsi tiga hingga empat cangkir teh hitam setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko stroke hingga 29 persen. Sementara konsumsi teh hijau dalam jumlah yang sama dapat mengurangi risiko stroke hingga 27 persen. Teh hitam dan hijau sama-sama memiliki manfaat kesehatan yang signifikan dalam mencegah stroke.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Harga Bahan Baku Naik,...
Harga Bahan Baku Naik, CW Coffee Justru Luncurkan 4 Menu Baru Seri Tunjangan Produktif
Anji Ungkap Punya Private...
Anji Ungkap Punya Private Barista, Racikan Kopi Cold Brew Blueberry Jadi Sorotan
Indonesia Coffee Expo...
Indonesia Coffee Expo 2026 Start di Surabaya, Hadirkan Surga Baru Pecinta Kopi
Cara Membuat Kopi Susu...
Cara Membuat Kopi Susu Biskuit ala Mikael Jasin, Creamy dengan Susu Mete
Kopi Spesial Terjangkau...
Kopi Spesial Terjangkau Jadi Pilihan Baru untuk Penikmat Kopi Harian
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Dari Bangkok ke Shanghai,...
Dari Bangkok ke Shanghai, KAPPI Ingatkan Dunia: Di Setiap Sudut Indonesia, Kopinya Berbeda Cerita
Surabaya Jadi Kota Pertama...
Surabaya Jadi Kota Pertama Indonesia Coffee Expo 2026, Hadirkan Pengalaman Interaktif bagi Pengunjung
Layanan Stroke Medan...
Layanan Stroke Medan Raih Pengakuan Internasional dari World Stroke Organization
Rekomendasi
Kasus Penipuan Hanania...
Kasus Penipuan Hanania Travel, Polda Metro Periksa 70 Saksi
Tiyo Eks Ketua BEM UGM...
Tiyo Eks Ketua BEM UGM Mengaku Ditawari Miliaran Rupiah dari Lembaga Berbintang, Ini Respons TNI
SDN di NTT Dibongkar...
SDN di NTT Dibongkar untuk KDMP, Andreas PDIP: Jangan Korbankan Program Lainnya
Berita Terkini
Tembus 40 Juta Views,...
Tembus 40 Juta Views, Adu Mekanik Sound Jadi Konten Paling Berkesan bagi Yongshun
Berkali-kali Muncul...
Berkali-kali Muncul Korban Tenggelam, Warga Mulai Curiga Ada yang Tak Beres di Tempat Ini
Confeti Love hingga...
Confeti Love hingga Moonlit Blush, Ini Makna di Balik Pendant Koleksi Baru Nagita Slavina x ISAGO
Cover Musik Jadi Cara...
Cover Musik Jadi Cara Generasi Digital Menunjukkan Kreativitas
Siap Uji Nyali? Ini...
Siap Uji Nyali? Ini Deretan Rekomendasi Microdrama Horor di V+Short
Dari Suara Tawa hingga...
Dari Suara Tawa hingga Sosok di Atas Pohon, Ini Pengalaman Paling membekas bagi Angga ABK!
Infografis
Lebih Sehat dari Makanan...
Lebih Sehat dari Makanan Lain, Berikut Clean Eating dan Real Food
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved