Merinci Manfaat Lari Maraton

Kamis, 12 Desember 2019 - 17:14 WIB
Merinci Manfaat Lari Maraton
Merinci Manfaat Lari Maraton
A A A
JAKARTA - Berlari dianggap sebagai bentuk olahraga terbaik yang dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa berlari setiap hari selama 5-10 menit dapat mengurangi risiko kematian akibat stroke, serangan jantung, dan masalah kesehatan lain.

Berlari moderat dikaitkan dengan penurunan berat badan, tekanan darah yang lebih baik, dan kolesterol yang lebih rendah. Sementara, popularitas lari maraton telah berkembang pesat di banyak bagian dunia karena orang menjadi lebih sadar akan kesehatan. Bahkan, berlari juga diyakini sebagai latihan yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Meskipun berlari maraton bukanlah tugas yang mudah untuk dicoba, namun latihan berdampak tinggi dapat bermanfaat bagi sebagian orang. Lantas apa saja manfaat lari maraton? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times Now News.

1. Berlari secara umum dianggap baik untuk kesehatan. Dikatakan bahwa berlari baik untuk persendian, lutut, dan pergelangan kaki.

2. Berlari dapat membakar lebih banyak kalori dan membantu penurunan berat badan.

3. Berlari mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke.

4. Berlari menurunkan kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular.

5. Berlari menurunkan risiko mengembangkan penyakit neurologis seperti alzheimer dan parkinson.

6. Berlari menurunkan risiko terkena kanker.

7. Berlari meningkatkan suasana hati dengan melepaskan endorfin yang dapat mengurangi stres, depresi, serta kecemasan.

8. Berlari membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian telah menemukan bahwa tingkat aktivitas fisik waktu luang (LTPA) yang lebih tinggi, seperti berjalan, joging, atau berlari bisa dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah, terutama pada orang yang berisiko tinggi. Menurut Diabetes.co.uk, berlari dapat sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 untuk memerangi resistensi insulin.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4111 seconds (0.1#10.140)