Angela Tanoesoedibjo Pastikan Kesiapan Kota Solo Gelar Upacara Pembukaan Peparnas 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 - 21:47 WIB
loading...
Angela Tanoesoedibjo...
Angela Tanoesoedibjo memastikan kesiapan Kota Solo sebagai tuan rumah Peparnas 2024, Sabtu (5/10/2024). Foto/ MPI
A A A
SOLO - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo memastikan kesiapan Kota Solo sebagai tuan rumah upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024, Sabtu (5/10/2024) malam.

Angela Tanoesoedibjo berharap event ini tidak hanya memberikan dampak yang luas pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya MICE, juga memperkuat inklusivitas yang merupakan salah satu cerminan dari cita-cita pariwisata nasional yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Hari ini saya meninjau persiapan pelaksanaan upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas 2024 dan semua persiapan sudah berjalan dengan baik," kata Wamenparekraf Angela di Stadion Manahan, Solo.

Wamenparekraf Angela didampingi Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Frans Handoko. Secara khusus Wamenparekraf Angela mengatakan, penyelenggaraan Peparnas 2024 akan memperkuat inklusivitas yang menjadi salah satu bagian penting dalam cita-cita besar pariwisata Indonesia yakni pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Peparnas 2024 juga diharapkan akan menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Solo dan Jawa Tengah pada umumnya. Selain berkompetisi, para atlet dan ofisial dipastikan akan mengunjungi berbagai destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di Kota Solo.

"Solo kaya akan budaya, kuliner. Kami sangat berharap event ini akan memperkuat capaian pergerakan wisatawan nusantara yang pada tahun ini ditargetkan mencapai 1,25 miliar-1,5 miliar pergerakan," kata Wamenparekraf Angela.

Peparnas 2024 merupakan pesta olahraga nasional untuk kelompok disabilitas yang akan berlangsung mulai 6 hingga 13 Oktober 2024 di Solo, Jawa Tengah. Event ini akan mempertandingkan 20 cabang olahraga seperti para-panahan, para-atletik, para-bulu tangkis, boccia, para-catur, para-balap sepeda, sepak bola cerebral palsy, dan lainnya. Serta dua cabang olahraga eksibisi yakni para-e-sport dan bola basket kursi roda.

Diikuti lebih dari 4.300 atlet dan ofisial dari 35 provinsi, Peparnas 2024 menjadi pelaksanaan pekan paralimpiade nasional terbesar atau dengan kata lain dengan peserta terbanyak dibanding penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya.

"Dengan keikutsertaan para atlet dan ofisial dari berbagai provinsi di tanah air tentu akan memberikan dampak yang besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti hotel, kuliner, fesyen, kriya, dan lainnya," kata Wamenparekraf Angela.

Kota Solo sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Peparnas sebanyak enam kali dan pernah pula menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022, sehingga infrastruktur dan fasilitasnya dianggap sudah memenuhi standar yang ditetapkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)