Nikmati Waktu Santai dengan Menyantap Tahu Aci, Ini Resepnya

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 16:07 WIB
loading...
Nikmati Waktu Santai dengan Menyantap Tahu Aci, Ini Resepnya
Tahu aci merupakan makanan yang memiliki rasa gurih dan renyah. Kudapan ini cocok saat Anda menikmati waktu santai bersama keluarga. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tahu aci merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki rasa gurih dan renyah. Tahu jenis ini dibuat dari tahu kuning yang memiliki bentuk persegi empat. Tahu kemudian dibelah menjadi dua sehingga membentuk 2 segitiga siku-siku.

Agar semakin nikmat, tahu kemudian diberi adonan yang terbuat dari tepung kanji atau aci pada bagian yang dibelah. Sementara dalam penyajiannya, biasanya tahu aci digoreng dan dimakan bersama saus, sambal kacang, cabai atau irisan cabai dengan kecap.

Tertarik mencobanya untuk camilan di rumah? Berikut resep membuat tahu aci seperti dikutip dari akun Instagram @doyanmasak.

Bahan-bahan :
Bahan 1:
10 tahu putih, goreng sampai berkulit atau bisa pakai tahu pong atau tahu sumedang
3 sdm tapung sagu atau tapioka
1 batang daun bawang

Bahan 2:
1 sdm tepung sagu atau tapioka
4 siung bawang putih
Air secukupnya
1/3 sdt lada bubuk
Garam
Kaldu bubuk

Bahan sambal kecap:
Cabai rawit, sesuai selera
Bawang merah, sesuai selera
Kecap manis, sesuai selera
Air jeruk limau, sesuai selera

Cara membuat:
Dalam panci masukkan semua bahan 2 untuk biang. Masak sambil di aduk-aduk terus sampai mengental, hasilnya nanti seperti bubur lem, kental dan lengket. Matikan api. (Baca juga: Nasek Ghulung, Kuliner Lezat Khas Pulau Bawean ).

Selagi panas, masukkan 3 sdm tepung sagu dan irisan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata. Tahu goreng di potong segitiga atau sesuai selera, lubangi tengahnya. Masukkan adonan aci kedalam tahu.

Goreng dalam minyak panas dengan api sedang. Resep sambel kecap, iris cabai, bawang merah dan ulek kasar. Tambah kecap manis secukupnya, aduk rata. Jika suka, tetesi air jeruk limau sesuai selera. Tahu aci siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)