alexametrics

8 Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Ginjal

loading...
8 Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Ginjal
Tidak jelas sepenuhnya apa yang menyebabkan sel-sel ginjal berubah dan menjadi kanker, tetapi ada faktor-faktor risiko tertentu terkait dengan penyakit ini. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Hingga saat ini penyebab kanker ginjal seperti yang diidap penyanyi Vidi Aldiano belum diketahui secara pasti. Kendati demikian, para ahli mengatakan ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker ginjal.

Dilansir Kidney.org, tidak jelas sepenuhnya apa yang menyebabkan sel-sel ginjal berubah dan menjadi kanker, tetapi ada faktor-faktor risiko tertentu terkait dengan penyakit ini. Namun, kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda pula.

Agar terhindar dari penyakit ini, ada beberapa faktor risiko yang dapat diubah, seperti merokok. Tetapi ada pula beberapa faktor risiko yang tidak dapat diubah, seperti jenis kelamin, ras, atau riwayat keluarga.



Memiliki faktor risiko atau bahkan beberapa faktor risiko, tidak berarti membuat Anda mengidap kanker, tetapi hal ini dapat meningkatkan risiko. Seperti dilansir Mayoclinic, berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker ginjal.

1. Usia yang lebih tua
Risiko kanker ginjal bisa meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

2. Merokok
Perokok memiliki risiko lebih besar terkena kanker ginjal daripada yang bukan perokok. Risiko akan berkurang setelah Anda berhenti merokok.

3. Kegemukan
Orang dengan obesitas memiliki risiko kanker ginjal lebih tinggi daripada mereka dengna berat badan rata-rata.

4. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko kanker ginjal.

5. Pengobatan untuk gagal ginjal
Pasien yang menerima dialisis jangka panjang untuk mengobati gagal ginjal kronis memiliki risiko lebih besar terkena kanker ginjal.

6. Sindrom warisan tertentu
Orang yang dilahirkan dengan sindrom turunan tertentu memiliki peningkatan risiko kanker ginjal, seperti mereka yang memiliki penyakit von Hippel-Lindau, sindrom Birt-Hogg-Dube, kompleks tuberous sclerosis, karsinoma sel ginjal papiler herediter atau kanker ginjal keluarga.

7. Riwayat keluarga dengan kanker ginjal
Bahkan tanpa adanya sindrom turunan, orang yang memiliki riwayat keluarga yang kuat dengan kanker sel ginjal memiliki risiko lebih besar terkena kanker ginjal.

8. Paparan zat tertentu di tempat kerja
Ini mungkin termasuk, misalnya, paparan kadmium atau herbisida tertentu.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak