alexametrics

3 Cara Mencegah Kanker Ginjal Seperti yang Diidap Vidi Aldiano

loading...
3 Cara Mencegah Kanker Ginjal Seperti yang Diidap Vidi Aldiano
Kanker ginjal merupakan salah satu penyakit yang sulit dideteksi. Akan tetapi ada 3 cara mencegah agar kanker ginjal. Foto/medicalnewstoday.
A+ A-
JAKARTA - Kanker ginjal merupakan salah satu penyakit yang sulit dideteksi. Pasalnya, penyakit ini jarang menyebabkan tanda atau gejala pada tahap awal. Saat ini juga tidak ada tes rutin yang dapat digunakan untuk menyaring kanker ginjal tanpa adanya gejala.

Namun, mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan dapat membantu mengurangi risiko kanker ginjal. Seperti halnya menghindari faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker ginjal.

Sebelumnya, Vidi mengumumkan dirinya mengidap kanker ginjal melalui IGTV di akun Istagram. Penyanyi berusia 29 tahun ini menjelaskan bahwa sebelumnya dia didiagnosis mengidap kista. Namun, hasil pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh menunjukkan, Vidi mengidap kanker ginjal di ginjal sebelah diri.



"Halo semuanya mungkin banyak yang tanya dari beberapa bulan lalu kenapa gue sering bolak balik Singapur, hari ini gue baru bisa kasih tau alasannya. So dari beberapa bulan yang lalu, gue ada sedikit anomali di diri gue. Dari Oktober kemarin sebenernya udah didiagnosa sebenernya tadinya awalnya cuma kista dan menjadi sesuatu yang lain dan baru minggu lalu gue dapet kabar kalo gue punya cancer di ginjal gue. Tepatnya di ginjal kiri gue," kata Vidi.

Guna kesembuhannya, Vidi akhinya memutuskan untuk menjalani pengobatan berupa operasi di salah satu rumah sakit di Singapura, hari ini, Jumat (13/12/2019).

"So beberapa hari yang lalu setiap hari udah ke dokter di Singapur. Pas banget kemarin di Singapur ada acara, langsung ketemu dokter setiap hari. Kemarin udah pet scan, semua scan-scan sudah dilakukan dan keputusan terbaik sudah diambil Insya Allah gue hari ini akan melaksanakan operasi," tandasnya.

Nah, seperti dilansir Mayo Clinic, meski kanker ginjal merupakan salah satu penyakit yang sulit dideteksi, tetapi ada cara pencegahan yang bisa dilakukan.

1. Berhenti merokok
Jika Anda merokok, berhentilah. Ada banyak pilihan untuk berhenti, termasuk program dukungan, obat-obatan dan produk pengganti nikotin. Beri tahu dokter bahwa Anda ingin berhenti, dan diskusikan pilihan Anda bersama.

2. Pertahankan berat badan sehat

Berusahalah untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, kurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari dan cobalah untuk aktif secara fisik hampir setiap hari dalam seminggu. Tanyakan kepada dokter tentang strategi sehat lainnya untuk membantu menurunkan berat badan.

3. Kontrol tekanan darah tinggi

Minta dokter untuk memeriksa tekanan darah pada janji temu berikutnya. Jika tekanan darah tinggi, Anda dapat mendiskusikan opsi untuk menurunkan angka. Ukuran gaya hidup seperti olahraga, penurunan berat badan, dan perubahan pola makan bisa membantu. Beberapa orang mungkin perlu menambahkan obat untuk menurunkan tekanan darah mereka. Diskusikan pilihan Anda dengan dokter.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak