alexametrics

5 Solusi Alami Mengendurkan Otot Kaku

loading...
5 Solusi Alami Mengendurkan Otot Kaku
Kekerasan pada otot sangat umum terjadi pada siapa saja dan di bagian tubuh mana saja. Tentu saja hal ini membuat tidak nyaman. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kekerasan pada otot sangat umum dan dapat terjadi pada siapa saja dan di bagian tubuh mana saja. Hal ini membuat nyeri dan membuat tidak nyaman sepanjang hari.

Keketatan atau pembengkakan otot juga disebut kejang otot bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama atau saat berlari atau berolahraga.

Bahkan wanita hamil rentan terhadap kondisi ini karena kenaikan berat badan yang tiba-tiba. Memang kejang otot itu menyakitkan dan karena itu kebanyakan orang memilih obat bebas untuk mengatasinya. Tetapi, seperti dilansir Times of India, ada beberapa solusi alami dapat membantu meringankan rasa sakit dan memberikan kelegaan. Apa saja?



1. Terapi panas atau dingin
Menerapkan panas atau kompres dingin dapat mengendurkan otot-otot Anda. Jika kekakuan disebabkan oleh otot-otot yang tertarik, maka dianjurkan untuk menerapkan terapi dingin selama 24 hingga 48 jam pertama untuk mengurangi pembengkakan. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan panas pada area yang bersangkutan untuk meningkatkan aliran darah dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Pijat minyak esensial
Memijat mengurangi kekakuan pada otot, tetapi jika dilakukan dengan minyak esensial, itu bahkan lebih efektif. Minyak peppermint dan serai adalah dua minyak atsiri paling efektif untuk mengendurkan otot. Studi menunjukkan bahwa minyak ini mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit dan juga memiliki efek pendinginan.

3. Curcumin
Curcumin adalah senyawa kimia yang terjadi secara alami yang ditemukan dalam kunyit dan memiliki sifat anti-inflamasi. Mengambil suplemen curcumin atau minum susu emas (susu haldi) setelah sesi latihan yang intens dapat membantu mengendurkan otot. Tetapi menyusui atau wanita hamil harus menghindari terlalu banyak mengkonsumsi curcumin.

4. Blueberry

Blueberry merupakan buah kecil sarat dengan antioksidan dan polifenol, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Studi menunjukkan bahwa minum smoothie blueberry sebelum dan sesudah berolahraga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan jaringan yang rusak.

5. Jus ceri

Ceri dikemas dengan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, yang sangat baik untuk mengendurkan otot. Minum jus ceri dapat membantu meringankan rasa sakit dan memperbaiki jaringan yang rusak. Studi menunjukkan bahwa minum jus ceri setelah lari maraton dapat membantu mengurangi rasa sakit pasca-lari.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak