alexametrics

Masjid Al-Ikhlas, Masjid di Tengah Kawasan Lampu Merah Tokyo

loading...
Masjid Al-Ikhlas, Masjid di Tengah Kawasan Lampu Merah Tokyo
Apabila kebetulan berada di sekitaran Shinjuku, Anda bisa melaksanakan sholat di Masjid Al-Ikhlas Kabukicho, Tokyo. / Foto: SINDOnews/Wahyu Nugroho
A+ A-
TOKYO - Para wisatawan Muslim yang tengah berlibur ke Tokyo, Jepang tidak perlu bingung lagi untuk menunaikan sholat berjamaah. Apabila kebetulan berada di sekitaran Shinjuku, Anda bisa melaksanakan sholat di Masjid Al-Ikhlas Kabukicho, Tokyo.

Masjid yang didirikan Idris dan Syeikh Abdullah Taqy Takazawa sejak 2002 ini memiliki tinggi 3 lantai yang tiap lantainya berukuran sekitar 3,5 x 4 meter. Masing-masing lantai juga mempunyai fungsi berbeda. Lantai pertama, tampak seperti ruang serbaguna yang terdapat toilet, tempat wudhu hingga rak untuk menyimpan alas kaki. Lantai dua menjadi ruangan untuk kaum hawa. Sedangkan laki-laki melaksanakan sholat di lantai tiga.

Masjid-Al-Ikhlas-04



Di lantai tiga juga dapat ditemui sebuah mimbar sederhana, tempat untuk imam serta rak buku yang disesaki berbagai macam koleksi tentang Islam, termasuk juga mushaf Al-Quran.

Masjid-Al-Ikhlas-02

Meski terbilang kecil, namun keberadaan Masjid Al-Ikhlas ini sangat membantu para wisatawan maupun warga Jepang yang ingin menunaikan ibadah sholat. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan seorang wisatawan asal Malaysia, Syafiq usai melaksanakan sholat Maghrib berjamaah, pekan lalu.

"Alhamdulillah ada masjid ini jadi saya bersama keluarga bisa melaksanakan sholat di sini, setelah tadi berjalan-jalan," ucap Syafiq yang tengah liburan bersama anak, istri dan ayahnya pada pekan lalu.

Masjid-Al-Ikhlas-05

Setiap Jumat tiba, Masjid Al-Ikhlas juga rutin menggelar sholat Jumat. "Kalau Sholat Jumat, masjid ini ramai banget. Jamaahnya macam-macam, dan kebanyakan orang Indonesia sama warga lokal," ucap Dwi Andi Listiawan, pemandu perjalanan rombongan Smartfren International Roaming - Japan Experience selama di Jepang.

Selain dipergunakan untuk tempat ibadah, Masjid Al-Ikhlas juga berfungsi sebagai tempat syiar Islam lainnya, seperti diskusi, pengajian mingguan, dan kegiatan lainnya. Menariknya, papan pengumuman dan sejenisnya di masjid ini juga dilengkapi dengan bahasa Indonesia.

Masjid-Al-Ikhlas-03

Menurut Andi, Nahdlatul Ulama (NU) ikut memiliki andil atas berdirinya Masjid Al-Ikhlas ini. Sebelumnya, bangunan yang dijadikan masjid pada awalnya hanyalah bangunan kumuh yang tidak terpakai.

"Selanjutnya, bangunan tersebut dibersihkan dan disulap menjadi masjid. Karena terlihat lebih rapi dan bersih, sang pemilik bangunan merasa sangat senang, sehingga biaya kontraknya pun diberi lebih murah dibanding lainnya," terang Andi, yang sudah tujuh tahun bermukim di Negeri Sakura.

Masjid-Al-Ikhlas-06

Terletak di tengah-tengah pusat bisnis dan hiburan Shinjuku, yang juga dikenal sebagai wilayah "red light district", Masjid Al-Ikhlas Kabukicho dapat ditemui di alamat 1 Chome-3-10 Kabukicho, Shinjuku City, Tokyo 160-0021, Jepang.

Sementara itu, saat berlibur ke Jepang, jangan sampai lupa untuk mengaktifkan paket data ponsel Anda. Tidak hanya berguna untuk tetap terhubung dengan keluarga atau teman di Tanah Air, Anda juga bisa meng-update media sosial dengan foto-foto atau video liburan. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tersesat karena bisa memanfaatkan aplikasi maps atau peta, seperti Google Maps.

Kesemuanya itu bisa berjalan lancar jika Anda menggunakan operator Smartfren, yang sudah ditunjang fasilitas international roaming. "Smartfren mempunyai international roaming di Jepang dan 14 negara kawasan Asia Pasifik lainnya seharga Rp150.000 dengan kuota 2 GB dan masa aktif 7 hari," ucap Dept. Head International Roaming Smartfren, Aya Sofia Arakhmah.

Selama perjalanan Smartfren International Roaming - Japan Experience bersama sejumlah awak media belum lama ini, Smartfren cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sambungan internet. Meski hanya berada di jaringan 3G, namun tidak ditemui kendala saat dipergunakan untuk voice call maupun video call WhatsApp, bahkan untuk mengunggah foto hingga menikmati layanan streaming, seperti YouTube maupun MeTube dan Vidio.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak