alexametrics

Perankan Habibie, Reza Rahadian Alami Transformasi Wajah dan Penampilan

loading...
Perankan Habibie, Reza Rahadian Alami Transformasi Wajah dan Penampilan
Reza Rahadian saat menghadiri gala premier film Habibie & Ainun 3 di Jakarta, belum lama ini. Foto/Sindonews/Thomas Manggalla
A+ A-
JAKARTA - Aktor Reza Rahadian kembali membuktikan totalitas dan kematangan aktingnya saat memerankan tokoh Presiden Ke-3 RI BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun 3. Reza mengaku, benar-benar tumbuh dan bertransformasi dari Habibie muda sampai akhirnya menjadi Habibie yang lanjut usia.

Kali ini, akting serta mimik wajah Reza benar-benar dikatakan sangat mirip dengan BJ Habibie. Sejak membintangi film Habibie & Ainun, Rudy Habibie, sampai Habibie & Ainun 3, aktor 32 tahun ini mengalami pertumbuhan dan transformasi lantaran menggunakan bantuan prostetik pada wajahnya. Ini tentu bukan kali pertama Reza menggunakan make-up prostetik. Dalam film My Stupid Boss, pria berdarah Maluku yang memerankan tokoh Bossman ini juga sempat memakai prostetik di kepalanya.

"Saya merasa bahwa dari film Habibie & Ainun, Rudy Habibie, terus sekarang film ketiga, berbicara tentang kemiripan, ada yang saya rasakan. Yang ketiga ini memang secara teknis banyak sekali hal yang di-upgrade. Kalau yang sekarang memang full sampai yang bagian dada, setengah dada, leher ke atas, sampai seluruh kepala. Teknis untuk mengerjakan make-up ini membutuhkan waktu yang agak lama," ujar Reza di sela-sela gala premier film Habibie & Ainun 3 di Jakarta, Jumat (13/12) malam.



Untuk keterlibatannya dalam tiga seri film Habibie, Reza mengaku, tidak melakukan treatment khusus. Ia hanya banyak memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dan duduk bersama mendiang BJ Habibie. "Kalau treatment khusus sebenarnya nggak ada. Hanya, saya mencari kembali bagaimana figur Habibie dengan cara berdiskusi dengan eyang. Melihat kembali pembawaannya, gesturnya, mimik bicaranya, termasuk bicara yang sangat menyentuh kehidupan pribadi beliau. Jadi benar-benar hanya seperti recall memori saja. Mengulang kembali apa yang harus saya perbuat, mempertajam lagi suaranya, tone-nya, sebisa mungkin mendekati eyang," jelas aktor kelahiran Bogor ini.

Ada satu hal yang membuat Reza bangga. Yakni kisah yang ditawarkan film garapan Hanung Baramantyo itu baru lantaran berfokus pada sosok Ainun yang menginspirasi generasi muda. "Dalam film ini banyak sekali fokus pada Ibu Ainun dari perspektif eyang. Menurut saya, ketika saya harus memerankan kembali eyang di fase usia yang sudah cukup lanjut, ada hal baru yang saya tawarkan kepada produser. Bahwa saya mau banget mengerjakan special effect make-up-nya. Jadi ada sesuatu yang fresh dari film ini," ujar Reza.

Dengan kisah film yang mengangkat masa-masa Habibie saat memasuki masa senja, membuat tampilan Reza mau tak mau harus mengikuti perubahan wajah sang mantan presiden yang mulai berkeriput dan tumbuh uban di kepala. "Secara look mungkin dulu saya pernah memerankan tokoh eyang dari fase muda sampai kemudian ibu Ainun berpulang. Itu kan sebenarnya sudah ada fase tuanya, tapi make-up-nya belum seperti yang kita hadirkan dalam film ketiga ini. Kalau sebelumnya hanya butuh waktu dua jam untuk make-up, untuk film kali ini saya butuh waktu enam sampai tujuh jam untuk menyelesaikan keseluruhan make-up sebelum lanjut ke proses syuting," tutup Reza.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak