5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari di Usia 40 Tahunan

Minggu, 13 Oktober 2024 - 18:29 WIB
loading...
5 Kandungan Skincare...
Kondisi kulit saat usia masuk 40 tahun disebut dengan mature skin. Namun, tak bisa sembarangan, ternyata ada beberapa jenis kandungan skincare yang sebaiknya dihindari oleh jenis kulit satu ini. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Merawat kulit di usia yang memasuki 40 tahun terbilang gampang-gampang susah. Tanda-tanda penuaan yang sudah semakin tampak membuat Anda harus semakin rajin menggunakan produk skincare dan antiaging.

Kondisi kulit saat usia masuk 40 tahun disebut dengan mature skin. Namun, tak bisa sembarangan, ternyata ada beberapa jenis kandungan skincare yang sebaiknya dihindari oleh jenis kulit satu ini.

Berikut beberapa di antaranya, melansir dari beberapa sumber.


1. Mineral Oil

Mineral oil termasuk salah satu kandungan emolien yang memiliki kemampuan melembabkan.

Meski begitu, mineral oil dan turunannya, seperti paraffin wax, ethylenediaminetetraacetic acid (EDTA), benzene, propylene glycol, dan lainnya merupakan kandungan yang perlu dihindari oleh mature skin.

Pada halaman First for Woman disebutkan kalau sejumlah ahli kimia kosmetik tidak menganjurkan skincare dengan kandungan ini. Pasalnya, kandungan satu ini bisa membentuk lapisan berminyak yang padat pada permukaan kulit, sehingga dapat menyumbat pori-pori, bahkan menghentikan proses regenerasi sel serta menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

2. AHA & BHA dengan Konsentrasi Tinggi

Sebenarnya, mature skin masih bisa menggunakan skincare dengan kandungan AHA dan BHA untuk eksfoliasi kulit guna membantu meningkatkan proses regenerasi sel kulit. Namun, pastikan kandungan acid yang ada di dalam produk tidak memiliki persentase yang tinggi.

Pasalnya, kandungan AHA dan BHA yang tinggi bisa menyebabkan over exfoliating atau pengelupasan berlebihan sehingga membuat terjadinya iritasi, peningkatan sensitivitas kulit, bahkan kerusakan skin barrier pada mature skin.

3. Alkohol

Menurut keterangan dermatolog asal California, Ava Shamban, MD pada New Beauty, produk-produk kosmetik terutama skincare yang mengandung alkohol terdenaturasi seperti ethyl alcohol bisa menghilangkan kelembaban alami pada kulit.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)