Sandiaga Uno Apresiasi Peluncuran TIC Digital Nusantara untuk Kemudahan Wisatawan

Selasa, 15 Oktober 2024 - 23:55 WIB
loading...
Sandiaga Uno Apresiasi...
Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi peluncuran TIC Digital Nusantara sebagai inovasi untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi peluncuran Tourist Information Center (TIC) Digital Nusantara sebagai inovasi untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia.

Sandiaga mengatakan TIC Digital Nusantara adalah pusat informasi pariwisata berbasis teknologi yang membantu wisatawan agar lebih leluasa ketika ingin mengatur perjalanan wisata mereka.

"Ini adalah platform informasi berbasis QR Code dan akan memudahkan wisatawan mengakses informasi tentang paket wisata dan lain sebagainya," kata Sandiaga dalam The Final Episode of Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat pada Senin, 14 Oktober 2024.

Sandiaga mendukung penuh segala inovasi yang berkembang di tengah gempuran digitalisasi. Hal ini sebagai bentuk adaptasi karena memanfaatkan digitalisasi yang tengah berkembang pesat akan semakin mempermudah wisatawan dan ke depannya mampu memberikan dampak positif terhadap pengembangan sektor parekraf.



Tak hanya itu, program ini juga bukti nyata bahwa kolaborasi dan sinergi berdampak besar dalam memajukan sektor parekraf. Diketahui, program ini merupakan hasil kolaborasi dengan asosiasi di bidang parekraf, pemerintah daerah dan PT. Nusantara Digitech Solusi (NDS), untuk mengembangkan prototipe TIC.

"The only concern in life is chang, jadi perubahan itu adalah keniscayaan. Jadi kita harus terus mengembangkan potensi ini dan saya sangat mendukung teman-teman yang mengikuti PKN baik PKN II maupun PKN I," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengungkap bahwa proyek perubahan ini secara konkret mendukung pengembangan sektor parekraf di Tanah Air. Terutama dalam mengakomodir kemudahan berwisata bagi wisatawan nusantara.

"Jadi dengan adanya TIC Digital Nusantara di beberapa lokasi yang tersedia, akan mempermudah masyarakat memperoleh informasi yang ia butuhkan dan isinya selalu kita perbaharui dan perbaiki terus," ungkap Ni Made Ayu Marthini.



"Jadi informasi mengenai destinasi, transportasi, deal-deal yang bagus itu terbaharui secara on going," tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)