4 Solusi Mudah Menyembuhkan Tumit Retak dengan Bahan Rumahan

Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:17 WIB
loading...
4 Solusi Mudah Menyembuhkan Tumit Retak dengan Bahan Rumahan
Tumit yang retak bisa membuat Anda tak percaya diri. Pasalnya hal ini mempengaruhi penampilan. Lalu, bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tumit yang retak bisa membuat Anda tak percaya diri. Pasalnya hal ini mempengaruhi penampilan. Sementara, banyak wanita yang merasa kesulitan mengatasi masalah ini, meski sudah mencoba berbagai macam perawatan.

Tapi, tak perlu khawatir. Sekarang Anda bisa mengatasi tumit yang retak-retak dengan hanya pergi ke dapur saja. Seperti dilansir Times of India, berikut beberapa solusi yang melibatkan bahan-bahan rumahan.

1. Susu dan mawar
Susu dan mawar bisa menjadi solusi. Ambil bak kecil berisi air hangat dan tambahkan setengah cangkir susu ke dalamnya. Tambahkan beberapa kelopak mawar dan 4-5 daun nimba. Campurkan satu sendok teh minyak biji atau minyak biji gandum ke dalam bak mandi.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial, jika ada. Rendam kaki Anda selama sekitar 20 menit dan gosok dengan ringan. Prosedur ini tidak hanya akan membantu Anda dalam menyingkirkan kulit mati, tetapi juga akan menjaga tumit pecah.

2. Minyak zaitun
Gunakan minyak jarak, zaitun dan almond. Campurkan semuanya dan pijat seluruh tumit. Anda bisa menerapkan lapisan Vaseline setelah itu, sehingga minyak akan terserap dengan baik. Lakukan prosedur ini tepat sebelum tidur dan kenakan kaus kaki. Kelembapan malam tidak hanya akan merawat tumit Anda yang pecah-pecah tetapi juga akan membuatnya lembut dan lentur.

3. Pisang dan madu
Hancurkan pisang dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh madu. Kocok sehingga menghasilkan konsistensi cair. Oleskan pasta ke seluruh tumit dan gosok dengan lembut. Diamkan selama 20-30 menit dan cucilah dengan air hangat.

Oleskan pelembab Anda, setelah Anda mengeringkan kaki Anda. Pisang adalah pelembab alami yang sarat dengan Vitamin A, C dan B6. Padahal, madu akan membantu kulit Anda tetap terhidrasi dengan menarik air dari jaringan bagian dalam ke lapisan luar kulit.

4. Batu apung
Batu apung menjadi obat sederhana yang bekerja seperti keajaiban pada tumit yang retak. Jika Anda tidak memiliki batu apung, Anda dapat menggunakan loofah sebagai gantinya. Ambil saja satu sendok makan garam dan campur beberapa tetes minyak zaitun ke dalamnya.

Oleskan scrub ini di atas tumit Anda yang pecah dan gunakan batu apung untuk menggosok tumit Anda dengan lembut. Pastikan Anda tidak menggaruk tumit dalam proses ini. Lanjutkan menggosok selama 20-30 detik dan cuci dengan air sabun. Jangan lupa oleskan krim pelembab Anda setelah mengeringkan kaki Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)