Tips Makan Manis Tanpa Khawatir: Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Senin, 21 Oktober 2024 - 15:13 WIB
loading...
Tips Makan Manis Tanpa...
Banyak dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi makanan manis. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Makanan manis memang dipercaya dapat menjadi penyelamat dan meningkatkan mood menjadi lebih bagus. Tetapi, yang perlu digaris bawahi adalah mengonsumsi makanan yang terlalu manis juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Banyak dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi makanan manis. Apa saja sih di antaranya?

Dalam artikel kali ini, bersama ahli gizi Audy Aprillia, kita akan mengupas bersama-sama tentang cara memilih makanan yang tepat serta dampak yang ditimbulkan pada tubuh.

Tren Makanan Manis Membawa Dampak Buruk bagi Kesehatan?

Tahukah kamu bahwa gaya hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan potensi terkena penyakit diabetes? Gaya hidup yang seperti apa sih yang dapat memicu penyakit diabetes? Di antaranya yaitu karena sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis, sering begadang setiap hari, serta jarang berolahraga. Padahal, diabetes adalah sumber utama dari penyakit-penyakit lainnya, loh.



Tren makan makanan manis ini bukan tanpa alasan. Semakin canggihnya sosial media, membuat masyarakat dengan mudah menemukan informasi tentang makanan manis yang sedang trend di kalangan anak zaman sekarang dan gampang pula membelinya melalui online. Padahal, makanan manis yang kamu konsumsi itu rata-rata mempunyai Indeks Glikemik yang tinggi.

Dampak Mengonsumsi Makanan Manis

Jika kamu tetap mengonsumsi makanan manis secara terus-menerus, dampak yang ditimbulkan adalah berat badan menjadi naik secara berlebih, dan yang lebih parah akan terkena penyakit diabetes serta penyakit kronis lainnya. Jika sudah terkena diabetes, tentunya akan sulit untuk disembuhkan. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati.

Alternatif Cara Makan Makanan Manis

Tetapi tenang aja, untuk kamu para pecinta manis, Audy Aprillia si ahli gizi punya cara alternatif supaya kamu tetap bisa makan makanan manis tanpa harus khawatir dengan kandungan gula berlebih. Caranya adalah dengan memilih makanan manis dengan Indeks Glikemik yang rendah.

Apa Itu Indeks Glikemik?

Happy Health sudah tahu belum apa itu Indeks Glikemik? Indeks Glikemik yaitu ukuran seberapa cepat makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika suatu makanan mempunyai Indeks Glikemik yang relatif tinggi, maka semakin tinggi pula potensi gula darah kamu menjadi naik dan tiba tiba turun secara cepat. Nah, yang perlu diperhatikan adalah diabetes bisa timbul salah satunya karena gula darah yang naik terus-menerus. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita tetap stabil.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil tidak perlu sampai stop makan gula, ya, Happy Health. Kamu tetap bisa mengonsumsi gula dengan catatan lebih smart untuk memilih makanan, terutama yang ada kandungan karbohidrat dan gula yang dikonsumsi.


Contoh Makanan Ber-GI Rendah

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)