Hadapi Tren yang Semakin Variatif, Ini yang Dilakukan Smartfren

Senin, 23 Desember 2019 - 04:06 WIB
Hadapi Tren yang Semakin Variatif, Ini yang Dilakukan Smartfren
Hadapi Tren yang Semakin Variatif, Ini yang Dilakukan Smartfren
A A A
TOKYO - Tren telekomunikasi ke depannya diperkirakan bakal semakin variatif. Setiap operator seluler tidak bisa hanya mengandalkan layanan yang dimilikinya saat ini, seperti layanan data. Namun, banyak hal lain yang harus dibangun dan dikembangkan.

Seperti yang dikemukakan Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra bahwa pihaknya sangat menyadari hal tersebut. "Saya rasa setiap operator membangun capability dari sisi value added service, jadi ini sangat penting. Makanya seperti ada layanan roaming, kita ada juga layanan content," ucapnya di tengah kegiatan Smartfren International Roaming - Japan Experience di Tokyo, Jepang, belum lama ini.

(Baca juga: Smartfren Tawarkan Paket International Roaming di Jepang )

Hal itu nantinya akan menjadi strategi ke depan. Pasalnya, challenge di telco secara umum untuk penambahan pelanggan yang benar-benar baru kemungkinan tidak terlalu banyak. "Jadi persaingannya itu sangat-sangat ketat di antar operator," tegas Roberto.

Saat ini, Smartfren sendiri juga sangat fokus untuk mengembangkan layanan kontennya. "Karena selain kita untuk akusisi, kita juga harus bisa retensi dari kompetitor, saya lihat arahnya ke sana. Jadi semuanya sudah mulai berlomba-lomba value added service," ungkap Roberto.

(Baca juga: Tahun Depan, Smartfren Jelajahi 38 Negara Eropa dan 30 Negara Bagian AS )

Salah satu terobosan baru yang baru yang telah dilakukan Smartfren untuk hal tersebut, adalah Smartfren WOW. Dalam program tersebut, setiap transaksi yang dilakukan pengguna bakal mendapatkan poin atau yang disebut Smartfren Point. Poin yang telah dikumpulkan nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai macam rewards.

"Yang pertama kita setiap bulan kasih rumah, mobil, motor, dan seribu hadiah ke konsumen tiap bulan. Bayangkan rumah seharga Rp1 miliar, tiap bulan kita kasih. Berikutnya, kita juga memperkuat My Smartfren App, di mana di situ ada WOW Deal. Jadi kalau teman-teman sudah download My Smartfren App, di jam 9, jam 12 dan jam 18, itu ada promo-promo voucher diskon yang bisa ditukarkan dengan poin," papar Roberto.

(Baca juga: Dengan Smartfren, Traveling ke Luar Negeri Kini Tak Perlu Khawatir Lagi )

Promo yang pernah dan sedang berlangsung dalam WOW Deal antara lain penukaran poin dengan voucher Grab, voucher Kopi Kenangan, Fore Coffee, dan aneka macam lainnya. Kesemua voucher itu bisa diperoleh hanya dengan menukarkan 1 poin.

Guna lebih memperluas lagi, Smartfren pun tengah menjajaki partner lainnya. Sehingga semakin banyak pilihan, maka poin yang dimiliki konsumen akan semakin bernilai lebih. "Ini terobosan yang dilakukan sepanjang tahun ini dengan harapan selain kita akuisisi, kita juga berfokus pada retensi konsumen," ucap pria lulusan Universitas Pelita Harapan ini.

(Baca juga: Masjid Al-Ikhlas, Masjid di Tengah Kawasan Lampu Merah Tokyo )

Terbaru, Smartfren juga sempat menggelar konser bertajuk Smartfren WOW Concert. Para pelanggan Smartfren pun bisa menyaksikan pagelaran tersebut hanya dengan menukarkan poinnya untuk menjadi tiket konser. "Kita mulai gencar-gencarkan yang namanya program buat retensi konsumen sih. Itu yang penting untuk menjaga kesetian pelanggan kita," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Roberto juga menyampaikan bahwa Smartfren bisa digunakan di seluruh device. "Masih banyak juga orang yang belum tahu, 'Eh Smartfren ini device-nya apa ya?' Smartfren sudah bisa dipakai di semua device. Mau Samsung, iPhone, dan lain-lainnya juga bisa," terangnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8951 seconds (0.1#10.140)