Artis Ramai-Ramai Jadi YouTuber

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 10:35 WIB
loading...
A A A
Lucky juga kerap hadir menjadi bintang tamu di sejumlah kanal Youtube para artis, seperti Irfan Hakim. Rupanya Irfan inilah yang mengenalkan Lucky pada dunia Youtube.

Meskipun belum fokus di Youtube , Lucky Hakim Channel sudah memiliki 664 subscriber dan menghasilkan belasan hingga puluhan juta rupiah. "Penghasilan dari Youtube masih di bawah Rp50 juta. Sudah lumayan, namun masih belum bisa diseriusi. Selama ini saya syuting tidak menggunakan juru kamera. Saya sendiri yang memegang kamera. Dengan satu editor yang nanti membuat video," sambungnya.

Menurut Lucky, perbedaan Youtube dan televisi adalah tidak adanya sistem kerja. Karena pernah menggarap sendiri program televisi, Lucky tidak begitu kaget ketika harus mengonsep semuanya sendiri dari awal. Hanya, dia menyoroti mengenai pembayaran di Youtube lebih teratur setiap bulan. (Baca juga: Indonesia Tidak Akan Selamat, waktu 1,5 Tidak Cukup Hindari Resesi)

"Bulan ketiga kanal saya sudah saya monetisasi, sejak saat itu setiap bulan saya rutin menerima uang, sudah seperti gajian. Berbeda dengan TV yang pembayarannya bisa 3-6 bulan kemudian," ungkapnya.

Sementara itu, pengamat media sosial Enda Nasution mengatakan, fenomena Youtube yang dipenuhi para artis televisi adalah dampak dari tawaran pekerjaan televisi yang berkurang, sementara eksis itu masih penting bagi mereka. Jadi, media sosial digunakan maksimal mulai Instagram hingga YouTube. "Kalau mereka konsisten dan mampu membuat daya tariknya sendiri, akan lumayan menghasilkan meskipun masih jauh dari penghasilan mereka di televisi," ujarnya.

Hal paling penting, kanal pribadi itu seperti ruang untuk berekspresi hingga bebas mengatur waktu bekerja sesuai keinginan mereka. Enda menegaskan, konten apa pun yang dibuat para artis televisi ini bagi Youtube tidak berdampak.

Sekalipun konten yang nantinya akan sama dengan televisi tidak masalah karena sesungguhnya tidak ada aturan baku konten seperti apa yang harus ada di Youtube. Justru dengan banyaknya video yang hadir di YouTube memberikan berbagai pilihan yang lebih banyak genre maupun artis. Sebab, di televisi cenderung monoton dan bisa jadi artisnya selalu sama.

"Saya lihat justru persaingan antarplatform media sosial yang berebut perhatian penonton. Bukan lagi antar channel di televisi atau persaingan Youtube dan televisi. Tapi dengan seluruh platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, semua bersaing merebut waktu para pengguna," urainya. (Lihat videonya: Dua Kali Ditangkap Warga, Macan Tutul Jawa Dilepas Liarkan ke Habitatnya)

Bukan hanya di Youtube para selebriti kini memiliki kanal mereka sendiri. Ada pula podcast layaknya kanal siaran radio. Dua pasangan selebritas Tarra Budiman dan Gya Sadiqa serta Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion turut meramaikan podcast dengan nama kanal mereka yakni Podcastdaritadi.

Artis Ramai-Ramai Jadi YouTuber
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)