Mengenal Kanker Usus Seperti yang Dialami Chadwick Boseman

loading...
Mengenal Kanker Usus Seperti yang Dialami Chadwick Boseman
Pemeran TChalla atau Black Panther di MCU, Chadwick Boseman meninggal dunia pada Jumat (28/8/2020), setelah aktor berusia 43 tahun itu berjuang melawan kanker usus. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Pemeran T’Challa atau Black Panther di Marvel Cinematic Universe (MCU), Chadwick Boseman meninggal dunia dalam usia 43 tahun, pada Jumat (28/8/2020) waktu setempat. Dia mengembuskan napas terakhir setelah 4 tahun berjuang melawan kanker usus. Seperti apa penyakit itu?

Kanker usus besar adalah jenis kankeryang dimulai di usus besar (usus besar). Usus besar adalah bagian akhir dari saluran pencernaan.

Kanker usus besar biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, meski bisa terjadi pada usia berapa pun. Biasanya dimulai sebagai gumpalan sel kecil non-kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di bagian dalam usus besar. Seiring waktu, beberapa polip ini bisa menjadi kanker usus besar.

Polip mungkin kecil dan menghasilkan sedikit, jika ada, gejala. Untuk alasan ini, dokter merekomendasikan tes skrining rutin untuk membantu mencegah kanker usus besar dengan mengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.



Jika kanker usus besar berkembang, banyak perawatan tersedia untuk membantu mengendalikannya, termasuk operasi, terapi radiasi dan perawatan obat, seperti kemoterapi, terapi bertarget, dan imunoterapi.

Kanker usus besar kadang-kadang disebut kanker kolorektal, yaitu istilah yang menggabungkan kanker usus besar dan kanker rektal, yang dimulai di rektum.

Dilansir Mayoclinic, gejalanya meliputi perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar, termasuk diare atau sembelit atau perubahan konsistensi tinja. (Baca juga: Chadwick Boseman, Pemeran Black Panther, Meninggal Dunia).



Selain itu, pendarahan rektal atau darah di tinja Anda, ketidaknyamanan perut yang terus-menerus, seperti kram, gas, atau nyeri, perasaan bahwa usus tidak kosong sepenuhnya. Tanda lainnya, penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan.

Namun, nanyak penderita kanker usus besar tidak mengalami gejala pada tahap awal penyakit. Ketika gejala muncul, kemungkinan besar akan bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi kanker di usus besar Anda.

Kapan harus ke dokter? Jika Anda melihat gejala persisten yang membuat Anda khawatir, buatlah janji dengan dokter Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang kapan harus memulai skrining kanker usus besar. Dokter Anda mungkin merekomendasikan skrining yang lebih sering atau lebih awal jika Anda memiliki faktor risiko lain, seperti riwayat penyakit dalam keluarga.
(tdy)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top