Begini Cara Mencegah Kanker Usus

loading...
Begini Cara Mencegah Kanker Usus
Ada beberapa langkah untuk menghindari kanker usus. Untuk orang dengan usia 50 tahun, dokter menyarankan skrining kanker usus, tapi itu pun dengan catatan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Dokter merekomendasikan bahwa orang dengan risiko rata-rata kanker usus besar mempertimbangkan skrining kanker usus besar sekitar usia 50 tahun. Tetapi, orang dengan peningkatan risiko, seperti mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker usus besar, harus mempertimbangkan skrining lebih awal.

Ada beberapa opsi skrining, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk itu, bicarakan tentang pilihan Anda dengan dokterdan bersama-sama Anda memutuskan tes mana yang sesuai untuk Anda.

Untuk mengurangi risiko kanker usus besar lainnya, Anda bisa melakukan perubahan gaya hidup. Anda dapat mengambil langkah-langkah, seperti mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Buah, sayur, dan biji-bijian mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan, yang dapat berperan dalam pencegahan kanker. Pilihlah berbagai buah dan sayuran agar Anda mendapatkan berbagai vitamin dan nutrisi.



Sementara, jika Anda memilih untuk minum alkohol, batasi jumlah alkohol yang Anda minum, tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan dua untuk pria. Demikian dengan rokok, berhentilah merokok. (Baca juga: Chadwick Boseman, Pemeran Black Panther, Meninggal Dunia).

Hal yang harus dilakukan untuk menghidari kanker usus ini, yakni berolahraga. lakukan hampir setiap hari dalam seminggu. Usahakan berolahraga, setidaknya 30 menit setiap hari. Jika Anda sudah tidak aktif, mulailah perlahan dan tingkatkan secara bertahap hingga 30 menit. Juga, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga apapun.

Anda juga perlu mempertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat, usahakan untuk menjaga berat badan Anda dengan menggabungkan pola makan sehat dengan olahraga setiap hari. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, tanyakan kepada dokter Anda tentang cara sehat untuk mencapai tujuan Anda. Bidik penurunan berat badan secara perlahan dengan meningkatkan jumlah olahraga yang Anda lakukan dan mengurangi jumlah kalori yang Anda makan.



Adapun pengobatan kanker usus, beberapa obat telah ditemukan untuk mengurangi risiko polip prakanker atau kanker usus besar. Misalnya, beberapa bukti mengaitkan penurunan risiko polip dan kanker usus besar dengan penggunaan rutin aspirin atau obat-obatan seperti aspirin. Tetapi tidak jelas berapa dosis dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi risiko kanker usus besar. Mengonsumsi aspirin setiap hari memiliki beberapa risiko, termasuk perdarahan gastrointestinal dan bisul.

Pilihan ini umumnya disediakan untuk orang dengan risiko tinggi kanker usus besar. Tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan obat ini kepada orang-orang yang memiliki risiko rata-rata terkena kanker usus besar.

Jika Anda memiliki peningkatan risiko kanker usus besar, diskusikan faktor risiko Anda dengan dokter untuk menentukan langkah selanjutnya.
(tdy)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top