Menyetir Keluar Kota dengan Aman Saat Musim Liburan

Kamis, 26 Desember 2019 - 17:15 WIB
Menyetir Keluar Kota dengan Aman Saat Musim Liburan
Menyetir Keluar Kota dengan Aman Saat Musim Liburan
A A A
Musim liburan telah tiba. Dengan harga tiket pesawat dan kereta api yang melonjak, berlibur dengan menggunakan mobil sendiri bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis. Selain itu, berlibur dengan mobil memberikan pengalaman yang seru dan juga menyenangkan.

Nah, sebelum Anda memulai perjalanan liburan, simak beberapa tips berikut agar perjalanan liburan tetap aman dan nyaman.

Pastikan Anda cukup tidur


Untuk perjalanan jauh anda mungkin menghabiskan waktu belasan jam mengemudi. Pastikan anda dapat tidur yang cukup pada malam hari, bahkan saat beberapa malam sebelum anda mulai perjalanan. Hindari juga mengemudi jam 1 hingga jam 3 siang, karena itu adalah saat rasa kantuk melanda.

Makan makanan bergizi


Makanlah makanan yang bergizi, termasuk juga sayur dan buah. Bawalah camilan sehat dalam mobil seperti kacang-kacangan dan buah segar. Hindari makanan berkarbohidrat dan bergula tinggi karena akan menyebabkan ngantuk. Minum kopi boleh saja, tapi jangan berlebihan. Kelebihan kafein malah akan memudarkan fokus saat menyetir.

Rencanakan waktu istirahat

Setiap dua jam, carilah tempat istirahat di mana anda bisa keluar dari mobil, menghirup udara segar, meregangkan otot atau pergi ke kamar kecil. Jika anda pergi bersama teman atau keluarga, mintalah salah satu dari mereka untuk menggantikan anda menyetir selama beberapa jam. Nyalakan musik dan buka sedikit jendela mobil agar sirkulasi udara tetap lancar.

Gunakan wewangian segar, kunyah permen rendah gula

Saat menyetir jarak jauh, bawalah wewangian lemon atau peppermint untuk menyegarkan pikiran - penyegar alami ini terbukti bisa mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, mengunyah permen low sugar . Gerakan mengunyah permen yang dapat meningkatkan sirkulasi dan kewaspadaan.

Hindari menggunakan ponsel jika tak penting

Bukalah ponsel anda saat anda beristirahat atau pada saat situasi aman, seperti saat menunggu lampu merah. Tunjuk salah satu rekan perjalanan anda sebagai ‘navigator’ yang membantu anda dengan google map.

Jangan jadikan kabin sebagai bagasi

Jangan bawa barang terlalu banyak yang membuat kenyamanan pengemudi dan penumpang terganggu. Lalu, bagaimana jika anda memang harus membawa banyak barang? Untuk masalah ini, anda bisa mengirimkan barang-barang anda dengan sewa mobil pick up, sewa mobil box atau sewa truk angkutan barang melalui TheLorry. Anda bisa sewa mobil pick up, sewa mobil box atau sewa truk lewat website di http://thelorry.com/id atau lewat aplikasinya yang tersedia di Playstore dan Appstore. Barang anda dijamin tiba di tempat tujuan dengan selamat, sementara anda dan keluarga dapat berkendara dengan nyaman.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7307 seconds (0.1#10.140)