Begini Cara yang Tepat Memotong Ayam Menjadi 8 Bagian

Jum'at, 27 Desember 2019 - 11:30 WIB
Begini Cara yang Tepat Memotong Ayam Menjadi 8 Bagian
Begini Cara yang Tepat Memotong Ayam Menjadi 8 Bagian
A A A
JAKARTA - Memotong ayam dibutuhkan keahlian khusus. Meski terdengar mudah, tapi tidak semua orang bisa memotong ayam dengan baik, terutama memotong ayam menjadi 8 bagian. Mempelajari cara memotong ayam juga akan membantu proses memasak.

Apalagi, jika Anda ingin memasak dalam jumlah banyak dan budget terbatas. Memotong ayam menjadi 8 bagian, bisa menjadi salah satu solusinya. Nah, berikut tips memotong ayam menjadi 8 bagian seperti dikutip dari Endeustv.

1. Siapkan ayam
Bilas ayam dan singkirkan jeroan ayam sebelum mulai memotongnya. Sebaiknya bilas ayam di bawah air dingin yang mengalir dengan membilas bagian luar maupun bagian dalam. Tempatkan ayam, dengan posisi menghadap ke atas, di atas talenan. Potong leher dan keluarkan jeroan ayam dari perut, lalu buang atau simpan untuk digunakan nanti. Potong lemak besar yang menempel pada lubang rongga ayam.

2. Potong kaki dan paha
Potong melalui paha dan kemudian sendi lutut untuk memisahkan kaki dan paha dari kedua sisi ayam. Potong kulit yang menghubungkan kaki ke tubuh. Setelah menemukan sendi paha yang menghubungkan paha dengan tubuh, pegang tubuh ayam dengan tangan kiri dan putar kaki ke atas dan ke luar dengan tangan kanan agar sendi pinggul bergerak.

Potong kaki dan paha jauh dari ayam sebagai potongan besar dengan memotong melalui sendi pinggul. Setelah lepas dari tubuh, pegang paha di satu tangan dan kaki di tangan lainnya. Tarik kaki ke bawah sampai lutut keluar dari sendi. Potong melalui sendi lutut untuk memisahkan paha dan kaki. Ulangi proses di sisi lain sebelum pindah ke sayap.

3. Potong sayap
Temukan sambungan yang menghubungkan sayap ke dada dan mengirisnya untuk memisahkan sayap. Balikkan ayam sehingga bagian belakang menghadap ke atas. Temukan sambungan antara sayap dan dada dan potong antara sambungan untuk memisahkan sayap. Ulangi langkah ini di sisi lain ayam.

4. Potong tunggir
Alih-alih membuang bagian belakang ayam, gunakan bagian belakang untuk membuat kaldu. Tempatkan pisau di rongga yang sudah dipotong untuk mengeluarkan jeroan ayam. Dorong ujung pisau keluar dari bagian atas tubuh di mana leher sebelumnya berada. Iris melalui area tipis di sekitar sendi bahu, ke arah luar ayam. Iris tulang rusuk sambil memotong sejajar dengan tulang belakang. Iris melalui sendi bahu dan tulang rusuk di sisi lain ayam. Tekuk punggung menjauhi dada dan potong bahu. Ini akan memisahkan bagian belakang dari dada.

5. Pisahkan dada
Memotong tulang dada akan membagi dada menjadi dua bagian terpisah. Potong ke bawah sepanjang tulang dada untuk memisahkan dada menjadi dua bagian. Selesai.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8484 seconds (0.1#10.140)