10 Film Lokal dan Hollywood yang Layak Ditonton Januari Ini

Rabu, 01 Januari 2020 - 09:09 WIB
10 Film Lokal dan Hollywood yang Layak Ditonton Januari Ini
10 Film Lokal dan Hollywood yang Layak Ditonton Januari Ini
A A A
Selamat Tahun Baru! Menyambut hadirnya 2020, ada sederet film yang sepertinya sangat sayang untuk dilewatkan. Selama Januari ini, film dari sejumlah genre pun siap menghibur semua pecinta film di Tanah Air.

Awal tahun ini, dunia perfilman akan dibuka dengan banyaknya film produksi lokal yang tayang di bioskop. Sebagian besar di antara film itu bergenre horor. Ada yang memang cerita asli, tapi ada juga yang merupakan sekuel.

Tak hanya film horor, film drama juga banyak di Januari ini. Salah satunya adalah sebuah penutup atau konklusi terhadap franchise terlama di Indonesia, yaitu Si Doel. Dari ranah Hollywood, terdapat film petualangan dengan setting masa antah berantah yang menarik dan juga ketegangan teror di bawah air.

Berdasarkan jadwal tayang dari IMDb, SINDOnews.com merekomendasikan 10 film lokal dan Hollywood yang harus Anda nikmati selama Januari ini. Harap dicatat, jadwal penayangan film bisa berubah. Selamat menonton!

1. Ejen Ali: The Movie — 1 Januari


Ejen Ali The Movie menceritakan tentang anak berusia 12 tahun yang secara tidak sengaja direkrut sebagai mata-mata dan memiliki peran di sebuah lembaga rahasia bernama Meta Advance Tactical Agency atau MATA. Ali dan MATA bertugas untuk melindungi Kota Cyberaya yang futuristik dari ancaman luar. Ali terkejut saat mengetahui bahwa dia bukan lagi satu-satunya penguasa alat Infinity Retinal Intelligence System atau IRIS, karena MATA telah meningkatkan IRIS menjadi alat yang lebih canggih yaitu IRIS Neo untuk semua agen MATA. Hal ini membuat Ali mempertanyakan keberadaannya untuk MATA.

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini — 2 Januari

Diangkat dari novel best seller dengan judul yang sama, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) berkisah tentang tiga bersaudara, Angkasa, Aurora dan Awan. Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan bertemu Kale, seorang pria eksentrik yang memberikan pengalaman hidup baru baginya. Namun, ada perubahan sikap Awan akibat tekanan orang tuanya. Ini memicu pemberontakan ketiga bersaudara itu yang kemudian menyebabkan penemuan rahasia dan trauma besar di keluarga mereka. Film ini dibintangi Rio Dewanto, Sheila Dra, Rachel Amanda, dan Ardhito Pramono. NKCHTI disutradarai Angga Dwimas Sasongko.

3. Underwater — 8 Januari

Tak hanya film Indonesia, film asal Hollywood yang muncul di bulan ini pun ada yang bergenre horor. Underwater adalah horor sci-fi yang disutradarai William Eubank. Film berkisah tentang sekelompok periset di bawah air yang harus menyelamatkan diri mereka setelah sebuah gempa bumi menghancurkan laboratorium yang mereka huni. Film ini dibintangi Kristen Stewart, Vincent Cassel, Jessica Henwick, John Gallagher Jr., Mamoudou Athie, dan T.J. Miller.

4. Abracadabra — 9 Januari

Film karya sutradara Faozan Rizal ini adalah sebuah film fantasi. Ceritanya dimulai di salah satu pertunjukan sulap ketika si pesulap berusaha menghilangkan seorang bocah dari kotak ajaibnya. Namun, alih-alih membawa bocah itu kembali, pesulap itu gagal. Bocah itu menghilang. Sejumlah pesulap kondang pun berusaha membantunya, tapi bocah itu tidak ditemukan. Banyak orang yang kemudian mempertanyakan teknik apa yang dia pakai. Satu-satunya yang bisa dia katakan adalah dia membeli kotak ajaib itu dari eBay. Menurut penjualnya, kotak itu adalah kotak tua milik Herbert Nivelli, pesulap dari era Holocaust. Mitos menyebut, kotak tua itu dipakai Nivelli untuk menyelamatkan orang-orang dari kamp konsentrasi di Auschwitz, dengan menghilang ketika mereka masuk ke kotak itu. Setelah perang, kotak itu dicuri. Film ini dibintangi Reza Rahadian, Asmara Abigail, M Adhiyat dan lain-lain.

5. Titus: Mystery of The Enygma — 9 Januari

Titus Mystery of the Enygma adalah film animasi terbaru dari MNC Animation. Film ini berkisah tentang Titus, bocah tikus detektif pecinta misteri dan teka-teki yang tinggal di Kota Steamburg. Dalam petualangannya sebagai detektif, dia ditemani kelinci pesulap bernama Bobit serta kadal cantik bernama Fira yang juga seorang pilot amatir yang gemar bertualang. Mereka hidup di zaman di mana tenaga uap adalah masa depan, dan teknologi tumbuh dengan cepat. Mereka bertiga bersama-sama akan membongkar kejahatan yang terjadi di Kota Steamburg.

Salah satu musuh terbesar mereka adalah kucing bernama Bulpan. Memulai kariernya sebagai pencopet, Bulpan yang berbadan gemuk ini bekerja keras menjadi penjahat yang sangat lihai. Dia bahkan menyingkirkan pimpinan geng sebelumnya dan menjadi pimpinan geng yang baru. Untuk menyembunyikan kejahatannya, Bulpan memiliki profesi lain yaitu sebagai pebisnis properti dan energi hingga sosoknya terkenal di Kota Steamburg.

6. Dolittle — 15 Januari

Film ini akan mengobati kerinduan penggemar terhadap sosok Robert Downey Jr. Setelah menuntaskan perannya sebagai Tony Stark/Iron Man selama kurang lebih 10 tahun di Marvel Cinematic Universe (MCU), Robert akan kembali ke layar lebar dalam karakter yang berbeda. Dia memerankan tokoh bernama Dolittle, seorang dokter hewan yang mengasingkan diri setelah kematian istrinya. Dia kemudian dipaksa untuk melakukan pelayaran bersama sejumlah hewan ajaib setelah Ratu Victoria jatuh sakit.

Selain menampilkan Robert Downey Jr., Dolittle juga dibintangi sejumlah nama tenar seperti Antonio Banderas dan Michael Sheen. Sederet nama terkenal juga akan menyumbangkan suaranya untuk menyulihsuarakan hewan-hewan yang menjadi sahabat Dolittle. Di antaranya adalah Emma Thompson, Rami Malek, John Cena, Kumail Nanjiani, Octavia Spencer, Tom Holland, Ralph Fiennes, Selena Gomez, dan lain-lain.

7. Janin — 16 Januari

Janin adalah film horor yang disutradarai Ook Budiyono. Film ini menampilkan Jill Gladys, Reuben Elishama Hadju, Meriam Bellina dan lain-lain. Janin mengisahkan pasangan Randu dan Dinar yang berbahagia dengan kehamilan Dinar yang memasuki usia 4 bulan. Namun, kebahagiaan mereka sirna ketika seorang wanita paruh baya, Sukma, menjadi tetangga mereka. Keanehan Sukma membuat Dinar ketakutan dan sering kali mengganggu janin di rahimnya. Dinar pun merasa terancam ketika dia melihat hantu perempuan yang ingin mengambil janinnya. Dia menceritakan hal itu kepada Randu yang menyebut Dinar berhalusinasi. Randu pun menyewa seorang perawat untuk menjaga Dinar. Meski merasa sedikitn tenang, hantu perempuan tu kemudian muncul lagi dan nyaris mencelakainya. Sementara, Sukma selalu mengawasi kehidupan pasangan tersebut.

8. Anak Garuda — 16 Januari

Anak Garuda adalah film kedua dari Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI). Film ini mengisahkan tentang tujuh alumni SPI yang berjuang hingga meraih impiannya hingga ke Eropa. Film ini dibintangi Tissa Biani Azzahra, Violla Georgie, Ajil Ditto dan lain-lain. Anak Garuda disutradarai Faozan Rizal.

9. Akhir Kisah Cinta Si Doel — 23 Januari

Ingin tahu siapa yang akhirnya dipilih Doel? Akhir Kisah Cinta Si Doel bakal menjawab misteri yang sudah berjalan selama 27 tahun ini. Film ini adalah akhir seri Si Doel yang dimulai dengan sinetron Si Doel Anak Sekolahan pada era 90an. Tidak banyak muka baru di film ini. Akhir Kisah Cinta Si Doel tetap menampilkan kisah cinta segitiga antara Doel (Rano Karno), Sarah (Cornelia Agatha) dan Zaenab (Maudy Koesnaedi). Sejumlah muka lama juga akan turut tampil di film ini, seperti Mandra, Suti Karno dan Aminah Cendrakasih.

10. Mangkujiwo — 30 Januari

Disutradarai Azhar Kinoi Lubis, Mangkujiwo adalah prekuel film horor Kuntilanak (2018) dan Kuntilanak 2 (2019). Film ini dibintangi Sudjiwo Tedjo, Yasamin Jasem, Asmara Abigail, Roy Marten, Karina Suwandhi, Djenar Maesa Ayu, Samuel Rizal, Septian Dwi Cahyo dan lain-lain. Film ini mengisahkan tentang asal usul kuntilanak. Diceritakan, Brotoseno yang difitnah Cokrokusumo berniat balas dendam lewat bayi yang dikandung Kanthi, wanita yang dihamili Cokrokusumo. Kanthi yang tidak tahan memutuskan bunuh diri. Roh Kanthi diserap Cermin Kembar yang selama ini menjadi saksi bisu kesengsaraannya di bawah Brotoseno. Namun, Brotoseno berhasil menyelamatkan bayi yang dikandungnya dengan cara membelah perut wanita tersebut. Bayi itu dia beri nama Uma. Sekitar 21 tahun kemudian, Brotoseno pun memetik buah perbuatannya dengan cara yang tidak dia sangka.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3893 seconds (0.1#10.140)