Scarlet Witch, Pahlawan Terkuat di Marvel Cinematic Universe

Minggu, 05 Januari 2020 - 20:30 WIB
Scarlet Witch, Pahlawan Terkuat di Marvel Cinematic Universe
Scarlet Witch, Pahlawan Terkuat di Marvel Cinematic Universe
A A A
Marvel Cinematic Universe (MCU) punya segudang pahlawan super dengan kekuatan yang luar biasa. Thor telah diakui sebagai pahlawan dengan kekuatan fisik yang sangat besar. Sementara, Captain Marvel alias Carol Danvers ternyata memiliki kekuatan lebih besar. Hanya, superhero terkuat di MCU bukanlah mereka.

Menurut bos Marvel Studios Kevin Feige, superhero atau Avenger terkuat di MCU adalah Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. Memang, Captain Marvel boleh memiliki kekuatan yang besar. Namun, Avengers: Endgame membuktikan bahwa kekuatan Wanda jauh lebih besar ketika dia sedang marah.

Di sebuah adegan Endgame, Wanda seorang diri menghadapi Thanos. Marah karena Thanos membunuh pacarnya, Vision, di Avengers: Infinity War, Wanda langsung menyerang Thanos dengan kekuatannya. Mad Titan itu kewalahan dan nyaris mati sebelum dia memerintahkan anak buahnya untuk menghujani arena perang dengan tembakan dari kapal udaranya.

“Saya rasa ini akan menarik, kalau kalian nonton Endgame, Wanda Maximoff akan membunuh Thanos. Kalau dia tidak begitu putus asa—setakut yang pernah saya lihat ke diri Thanos, dan kalau dia tidak bilang ‘lenyapkan semua tim saya untuk menyingkirkan dia dari saya’, saya kira dia (Wanda) sudah pasti melakukannya (membunuh Thanos),” papar Kevin seperti dikutip Movie Web.

Jawaban Kevin ini tergolong menarik. Wanda telah diperkenalkan di MCU jauh sebelum Captain Marvel muncul. Bahkan, dia pernah mengatakan, Captain Marvel akan menjadi karakter paling kuat yang diperkenalkan ke layar lebar hingga saat ini. Salah satu sutradara Endgame, Joe Russo, baru-baru ini juga mengatakan, dia yakin kalau Captain Marvel bahkan lebih kuat dari Thor. Carol Danvers pada dasarnya memang tidak bisa dihentikan. Namun, menurut Kevin, Wanda mungkin telah mengunggulinya.

Sepak terjang Wanda bisa disaksikan di serial WandaVision yang akan tayang pada tahun ini di Disney+. Serial ini menjadi bagian dari Fase 4 MCU yang akan dibuka dengan film Black Widow pada April mendatang. Wanda kali pertama diperkenalkan di Avengers: Age of Ultron (2015) dengan diperankan Elizabeth Olsen. Saat itu, dia tampil bersama saudara kembarnya, Quicksilver, yang mati di film tersebut. Setelah Ultron diliumpuhkan, Wanda memilih bergabung dengan Avengers.

Wanda mendapatkan kekuatannya dari Batu Pikiran. Awalnya, Scarlet Witch bisa menggunakan telekinesis dan memasukkan visi batiniah ke pikiran orang. Namun, secara perlahan-lahan, kekuatan Wanda terus berkembang hingga mampu menggerakkan benda dengan pikirannya. Dia belajar memanipulasi kekuatan psioniknya yang membuatnya bisa terbang, memancarkan ledakan energi jiwa dan bahkan melemparkan medan kekuatan sehingga dia bisa melawan anggota Black Order demi menyelamatkan Vision di Infinity War.

Kekuatannya itu membuat Okoye kaget ketika Wanda mampu menghancurkan kendaraan besar Black Order di Perang Wakanda. Di Endgame, Thanos pun dibuat kewalahan ketika menghadapi Wanda. Seorang diri dan dibebat kemarahan, Wanda melancarkan serangan kepada Thanos dan membuat Mad Titan itu nyaris mati. Namun, Thanos kemudian memerintahkan anak buahnya menembaki medan laga sehingga dia lolos dari cengkraman Wanda.

Wanda memang berniat membunuh Thanos di Endgame. Dia marah karena Thanos telah membunuh Vision. Kini, Kevin menyebut Wanda sebagai pahlawan terkuat di MCU. Namun, ini bisa jadi strategi Marvel untuk menciptakan hype menjelang dirilisnya WandaVision. Apalagi, Kevin tahu kalau MCU sedang berjalan ke arah baru di Fase 4, seperti mengeksplorasi multiverse dan realitas alternatif di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Di film itu, Scarlet Witch juga tampil.

Namun, harus diingat jika Marvel kerap menyematkan titel Avengers terkuat di karakter-karakternya. Awalnya, julukan itu disematkan kepada Thor, yang memang secara fisik punya kekuatan besar. Namun pada Wanda, titel terkuat itu tidak merujuk pada kekuatan fisik. Lagipula, Wnda tidak akan pernah menang saat bertarung dengan Thor, Hulk atau Captain Marvel. Wanda juga tidak punya daya tembak seperti yang ada di kostum Iron Man atau War Machine. Namun, apa yang bisa dilakukan kekuatannya, kemampuan Wanda jelas di atas semua Avengers.

Sementara kekuatan Wanda bisa memanifestasi dengan sejumlah cara fisik, menurut Kevin, kekuatan sejati Wanda adalah bagaimana dia bisa mempengaruhi realitas. Ini jelas melampaui kekuatan petir Thor, kekuatan energi binary Captain Marvel dan bahkan apa yang dilakukan Vision saat didayai Batu Pikiran. Karena fungsi kekuatan Wanda ada di ranah fisik dan cenayang, dia bisa menyerang musuhnya dengan berbagai cara. Sampai saat ini, di penampilannya di seluruh film MCU, Wanda baru mengeluarkan seujung kuku kekuatannya.

Di komik, Wanda berevolusi melampaui ‘hex magic’ ketika dia jadi tidak stabil secara mental. Ini membuat dia bisa memalsukan realitas alternatif lengkap di ceritanya. Sementara, serial WandaVision mengindikasikan kalau Scarlet Witch akan mengembangkan kekuatan atau memanipulasi dan mengendalikan realitas tersebut. Sejumlah teori menyebut, Wanda akan menjadi musuh Doctor Strange di sekuel film solonya dan bahkan mungkin menjadi musuh utama di Fase 4 MCU.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5941 seconds (0.1#10.140)