Tips Membuat Sop Buntut Bakar, Enaknya Pakai Sambal Hijau

Senin, 31 Agustus 2020 - 18:07 WIB
loading...
Tips Membuat Sop Buntut Bakar, Enaknya Pakai Sambal Hijau
Bunda mencari inspirasi untuk masakan hari ini? Jika belum memiliki ide, Anda bisa membuat Sop Buntut Bakar. Rasanya makin nikmat dengan sambal hijau. Ini resepnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bunda mencari inspirasi untuk masakan hari ini? Jika belum memiliki ide, Anda bisa membuat Sop Buntut Bakar. Untuk menikmatinya makanan lezat yang satu ini, Anda tidak perlu ke restoran, cukup dengan membuatnya di rumah dengan bahan-bahan yang tersedia.

Tekstur buntut yang kenyal dan empuk dipadukan dengan rempah dan bumbu yang gurih, menjadikan Sop Buntut Bakar ini sebagai sajian lengkap untuk keluarga tercinta. Kudapan ini akan terasa istimewa dengan sambal hijua yang juga bisa Anda buat di rumah. Penasaran dengan rasanya? Dikutip channel YouTube Devina Hermawan, berikut resep membuat Sop Buntut Bakar. (Baca juga: Resep Sederhana: Kari Jengkol Pedas yang Bikin Ketagihan )

Bahan-bahan:
1500 gr buntut sapi

Bumbu halus:
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 sdm merica putih utuh
Minyak secukupnya

Bahan lain:
2 buah tomat
2 batang seledri, potong besar
2 batang daun bawang, potong besar
5 pcs kapulaga
4 cengkih
1 pala, geprek
2 liter air
1½ sdm garam
3 sdm gula
1 sdm penyedap
1 buah wortel, potong
1 buah kentang, potong

Bahan sambal hijau:
100 gr cabai rawit hijau
1 siung bawang putih

Bumbu buntut bakar:
1 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap inggris
5 sdm kecap manis
2 sdm madu
1 sdm bawang bombai, iris
Margarin secukupnya
Garam
Merica
Penyedap sesuai selera

Pelengkap:
Emping
Tomat, potong dadu
Daun bawang, iris
Seledri, iris
Jeruk limau
Bawang goreng
Nasi

Cara membuat:
Blender bahan bumbu halus, tumis hingga wangi dan mengeluarkan minyak. Masukkan bumbu halus, buntut sapi, air, tomat, batang seledri, daun bawang, kapulaga, cengkeh, pala, garam, gula, dan penyedap.

Masak dengan rice cooker mode memasak kurang lebih selama 1 jam. Setelah 1 jam, masukkan wortel dan kentang, masak lagi dengan rice cooker selama 30 menit. Setelah matang, angkat lemak yang mengambang di atas kuah, sisihkan.

Untuk sambal, rebus cabai rawit hijau dan bawang putih lalu ulek dan beri sedikit kuah sop buntut, aduk rata. Untuk bumbu buntut bakar, campurkan saus tomat, saus tiram, kecap inggris, kecap manis, madu, garam, merica, dan penyedap lalu aduk rata dan masukkan buntut yang sudah direbus.

Siapkan grill pan, beri sedikit margarin kemudian panggang bawang bombai dan buntut hingga kecokelatan di kedua sisinya, sisihkan. Sajikan buntut bakar dengan sop buntut yang diberi tambahan jeruk limau, emping, daun bawang, seledri, tomat, bawang goreng, dan nasi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)