alexametrics

Berpetualang Menjelajahi Wisata Australia Barat sambil Berkendara

loading...
Berpetualang Menjelajahi Wisata Australia Barat sambil Berkendara
Berpetualang Menjelajahi Wisata Australia Barat sambil Berkendara/Justanotherdaywa
A+ A-
Anda ingin berpetualang di Australia Barat dengan melakukan perjalanan darat? Bisa. Melakukan perjalanan darat di menyusuri Australia Barat dengan mobil menjadi impian para petualang.

Alam Negara bagian yang berjuluk Road Trip State ini memiliki wilayah relative besar ketimbang Negara bagian lain di Australia. Selain menawarkan kemudahan, seperti minimnya lalu lintas, tariff parkir lebih murah, dan tidak ada jalan tol. Sudah siap memulai perjalanan darat? Ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini:

1.Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia dapat dipergunakan di Australia Barat, asalkan masih berlaku, namun disarankan tetap memiliki SIM Internasional.



2.Australia memakai sistem right hand drive yang menggunakan jalur jalan sebelah kiri, sama seperti di Indonesia. Walau begitu, tetap perhatikan batas maksimum kecepatan di angka 110 kilometer per jam ketika berada di laur terbuka. Selain menjaga jarak aman kendaraan hingga 200 meter jika berada di dekat kendaraan atau caravan dengan panjang hingga 7,5 meter.

3.Untuk pengisian bahan bakar, pom bensin tersedia tanpa petugas yang melayani. Harga bensin di Perth sekitar Rp 14.000 per liter, sedangkan di luar kota sedikit lebih mahal.

4.Tarif parkir di pusat kota mulai AUD5 per jam. Pastikan akomodasi yang dipilih memiliki fasilitas bebas parkir jika berencana menyewa mobil.

5. Waspadaa terhadap hewan liar seperti kanguru, sapi , unta. Jika melihat satwa melintas, segera injak rem, bunyikan klakson, kemudian berkendaralah pelan sehingga mmemberikan indikasi tidak ada niat mengganggu.

6.Beristirahatlah secara teratur, jangan terlalu memaksa kondisi jika merasa lelah. Bawalah air minum sekitar 4 atau 5 liter per orang untuk menghindari dehidrasi selama berkendara atau bila ada rencana mampir ke tempat untuk trekking.

7. Beberapa jalanan di luar kota berkerikil, berbatu, atau tanah merah. Perlambat laju kendaraan ketika melewati medan-medan jalanan tersebut terutama ketika melewati tikungan. Hindari menginjak rem mendadak.

8. Pengemudi wajib mendahulukan pejalan kaki, terutama ketika berbelok, memutar balik, berada di persimpangan dan tanda berhenti. Pengemudi juga wajib mendahulukan sepeda.

9. Saat mengemudi, dilarang membuat, mengirim, dan melihat pesa teks, video, seta email –sekalipun ponsel dioperasikan tanpa disentuh. Pengemudi hanya dapat menyentuh ponsel untuk diamankan di console yang ditempel dii dashboard. Bila melanggar aturan tersebut, pengemudi dapat didenda AUD400.

10.Perhatikan tingkat alkohol saat mengemudi, terutama selepas melakukan pencicipan anggur di kawasan perkebnan anggur. Pengemudi melanggar hukum bila kedapatan mengonsumsi alcohol di atas 0,05.
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak