alexametrics

Percantik Kamar Si Buah Hati, Pilihlah Furnitur yang Aman

loading...
Percantik Kamar Si Buah Hati, Pilihlah Furnitur yang Aman
Foto/Ilustrasi
A+ A-
MEMILIH furnitur di kamar anak tidakboleh asal. Jika tidak tepat, selain tidak ekonomis, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak.

Soft furnishing merupakan benda-benda dekoratif yang melengkapi tatanan ruang, baik dari segi estetika maupun fungsinya, seperti gorden, karpet, kain sofa, juga cushion.

“Memilih soft furnishing untuk kamar anak bisa jadi hal yang menyenangkan, bisa juga membingungkan,” ungkap desainer interior Rina Renvil.



Rasa antusias saat mendekorasi kamar anak membuat para orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Tidak sedikit orang tua yang rela menguras isi kantongnya lebih dalam demi mendapatkan dekorasi yang membuat kamar tampil menarik dan sesuai selera anak.

Rina menambahkan bahwa ada beragamjenis soft furnishing yang bisa diterapkan dikamar anak, di antaranya tirai, bantal,beanbag , selimut, karpet, dan mainan.

Memilih soft furnishing kamar anak tidak boleh asal. Jika salah, anak merasa tidak nyaman dan aman saat berada di kamarnya. Selain erat kaitannya dengan konsep ruang, faktor kesehatan dan keamanan anak juga menjadi pertimbangan utama saat memilih elemen interior.

“Saat memilih perabotan dekorasi untuk kamar anak, sebaiknya tidak semata-mata karena memenuhi kebutuhan visualnya saja,” ungkapnya.

Lalu, bagaimana cara memilih soft furnishing yang aman dipakai anak dan membuatnya betah di kamar? Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan saat memilih soft furnishing buat si kecil.

“Bentuk yang dipilih tidak memiliki sudut atau ujung yang runcing serta tidak bersisi tajam agar tidak melukai tubuh anak,” kata Rina. Selanjutnya, pilih soft furnishing yang ekonomis dan punya ukuran sesuai tinggi anak. Misalnya untuk bean bag , sebaiknya gunakan yang tingginya 30-50 cm. Usahakan juga ukuran dekorasi yang dipilih tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil saat diletakkan dikamar anak.

“Gunakan soft furnishing berbahan lembut dengan permukaan halus agar kulit anak tidak mudah iritasi,” tutur Rina.

Pemilihan bahan menjadi hal terpenting saat akan memilih soft furnishing. Pasalnya, penggunaan bahan yang tepat akan membuat kamar nyaman dihuni si kecil. “Pilihlah bahan yang aman saat membeli soft furnishing. Misalnya, bahan yang tidak mudah sobek dan sudah terjamin aman atau memiliki sertifikat khusus aman digunakan buat anak,” bebernya.

Pastikan bentuk soft furnishing yang dipilih tidak memiliki detail yang mudah lepas agar tidak termakan oleh anak yang masih kecil.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak