Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Anak-Anak

Rabu, 15 Januari 2020 - 17:30 WIB
Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Anak-Anak
Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Anak-Anak
A A A
JAKARTA - Mandi dengan air hangat memberikan banyak manfaat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain merupakan aktivitas wajib untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, mandi terutama dengan air hangat ternyata dapat memberikan efek relaksasi yang bisa membuat Anda bisa beristirahat dengan baik selepas melakukan rutininas yang melelahkan.

“Untuk kesehatan kulit, mandi dengan air hangat itu dapat membantu menjaga kelembapan kulit, karena suhu air yang terlalu dingin dan terlalu panas akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, mandi dengan air hangat juga membantu bayi meregulasi suhu tubuhnya," kata dokter ahli kulit keluarga, dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV.

Lebih lanjut dijelaskan dr. Srie bahwa mandi dua kali sehari penting bagi kesehatan apalagi bagi mereka yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Suhu air mandi idealnya adalah sesuai dengan suhu tubuh, yaitu sekitar 36—37 derajat Celsius.

Perkara menentukan suhu air ini, tentu membutuhkan alat yang dapat mengukur dengan pasti, bukan hanya berdasarkan perasaan semata saat memanaskan air dengan cara tradisional, memasak di kompor.

"Di sisi lain, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga dapat berisitrahat dan tidur dengan nyenyak. Hal ini bukan hanya berlaku bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak kita,” kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4568 seconds (0.1#10.140)