alexametrics

Foundation atau Concealer, Mana yang Lebih Dulu Diaplikasikan?

loading...
Foundation atau Concealer, Mana yang Lebih Dulu Diaplikasikan?
Foundation dan concealer menjadi dua jenis produk esensial untuk menciptakan riasan wajah yang flawless. / Foto: glamlipstick.com
A+ A-
JAKARTA - Foundation dan concealer menjadi dua jenis produk esensial untuk menciptakan riasan wajah yang flawless. Tak hanya bergantung dengan kualitas produk yang digunakan, cara mengaplikasikannya pun bisa mempengaruhi hasil riasan wajah. Salah satu pertanyaan paling umum dan mendasar tentang pengaplikasian foundation dan concealer ini adalah mana yang perlu dilakukan untuk mendapatkan riasan wajah yang maksimal.

Apakah mengaplikasikan foundation sebelum concealer atau mengaplikasikan concealer sebelum foundation? Jika Anda mengalami keraguan berikut ulasannya yang dapat menjadi referensi seperti dilansir Sociolla.

1. Mengaplikasikan concealer sebelum foundation



Seorang make-up artist asal Los Angeles, Allan Avendano mengatakan bahwa dia juga sering mengaplikasikan concealer terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation. Jika kliennya memiliki dark circle atau area bawah mata yang cenderung sangat gelap, dia memilih untuk menggunakan color correcting concealer terlebih dahulu, baru kemudian mengaplikasikan foundation. Jika dirasa perlu, dia akan mengaplikasikan concealer dengan warna terang agar lingkaran hitam di bawah mata bisa tersamarkan dengan maksimal. Meski demikian, dia juga tidak menyangkal bahwa mengaplikasikan foundation terlebih dahulu juga cocok untuk dilakukan. Apalagi, hampir semua make-up artist menggunakan foundation terlebih dahulu sebelum concealer.

2. Mengaplikasikan foundation sebelum concealer

Hampir semua make-up artist setuju dan lebih sering mengaplikasikan foundation sebelum menambahkan concealer saat merias kliennya. Selain mencegah make-up menjadi cakey dan tampak dempul, Robin Black, seorang make-up artist dan founder Beauty Is Boring mengungkapkan, biasanya dia mengaplikasikan satu layer foundation terlebih dahulu untuk membantu meratakan warna kulit sekaligus membuat base make-up menjadi lebih flawless.

Setelah mengaplikasikan foundation secara merata ke seluruh area wajah, para make-up artist akan lebih mudah mengontrol penggunaan concealer agar tidak berlebihan. Seorang make-up artist, Nick Barose berpendapat bahwa pengaplikasian concealer terlebih dahulu bisa membuat concealer bergeser saat membaurkan foundation sehingga membuat produk menjadi menggumpal dan hasilnya menjadi tidak maksimal. Katey Denno, Gloria Noto, Fiona Stiles, and Rachel Estabrook adalah beberapa nama makeup artist lainnya yang setuju untuk mengaplikasikan foundation terlebih dahulu sebelum menggunakan concealer.

3. Jadi, mana yang lebih dulu diaplikasikan?

Layaknya skin care, produk make-up dan pengaplikasiannya juga bersifat personal. Allan Avendano menuturkan bahwa tidak ada aturan yang benar-benar pasti untuk urusan teknik merias wajah. Semua make-up artist memiliki preferensi dan experience-nya sendiri tentang langkah yang mereka lakukan. Saran dari para makeup artist, sebaiknya aplikasikan satu layer foundation terlebih dahulu pada seluruh area wajah. Setelah foundation dibaurkan, Anda bisa melihat beberapa area wajah yang masih membutuhkan coverage ekstra.

Bila masih dirasa kurang, Anda bisa mengaplikasikan layer kedua, atau bisa juga dengan hanya menggunakan concealer secukupnya. Namun, pastikan memilih produk yang tepat untuk menyamarkan dan menutupi ketidaksempurnaan pada wajah. Di samping itu, para make-up artist juga menekankan pentingnya penggunaan primer pada langkah pertama, serta translucent powder dan setting spray untuk jadikan riasan tahan lama dan tidak crease.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak