alexametrics

4 Cara Melakukan Tes Kehamilan

loading...
4 Cara Melakukan Tes Kehamilan
Melakukan tes kehamilan adalah langkah penting yang bisa sangat menegangkan bagi wanita. Untuk mengetahuinya, ada 4 cara tepat. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Melakukan tes kehamilan adalah langkah penting yang bisa sangat menegangkan bagi wanita. Apapun hasilnya, tes kehamilan adalah salah satu langkah paling awal yang Anda ambil untuk menyelesaikan keraguan.

Namun, Anda harus mengetahui waktu yang atau hari tepat untuk melakukan tes kehamilan untuk memperjelas keraguan tersebut. Seperti dilansir Times of India, berikut penjelasannya:

1. Waktu tes kehamilan



Biasanya, periode yang terlewat atau tertunda adalah tanda pertama yang membuat Anda terburu-buru untuk mendapatkan tes kehamilan. Namun, Anda harus selalu menunggu waktu tertentu sebelum tes kehamilan.

Melakukan tes satu atau dua minggu setelah berhubungan seks atau sepuluh hari setelah Anda melewatkan menstruasi adalah waktu yang tepat untuk mengkonfirmasi keraguan. Alasan mengapa waktu tunggu itu penting adalah agar kehamilan dikonfirmasi, hormon kehamilan esensial, hCG perlu dideteksi dan ini biasanya terjadi 7-12 hari setelah sel telur dibuahi dan siklus implantasi selesai. Setelah ini terjadi, hormon mulai menggandakan, setiap 48 jam dan memastikan hasil yang benar pada tes.

Jika tidak, bahkan jika Anda mengikuti tes pada waktu yang lebih awal, itu dapat menyebabkan hasil negatif, bahkan jika Anda hamil karena kadar hCG tidak akan cocok dengan benar.

2. Periksa level hCG!

Bergantung pada jenis tes yang Anda jalani, Anda bisa mendapatkan hasil lebih awal. Beberapa tes kehamilan di rumah sensitif dan dapat mendeteksi kadar hCG paling cepat, yakni empat hari sebelum tanggal menstruasi.

3. Tes darah

Yang juga bisa Anda lakukan adalah melakukan tes darah, terutama jika Anda telah mendapatkan banyak negatif pada tes kehamilan di rumah Anda, tetapi memiliki alasan untuk percaya bahwa Anda hamil. Sementara, tes kehamilan di rumah mengukur kadar hormon hCG, tes darah jauh lebih sensitif, akurat dan memeriksa kadar hCG dalam darah. Sekali lagi, waktu yang baik untuk mengikuti tes akan terlambat beberapa hari.

Tes darah juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk dipertimbangkan bagi wanita yang pernah mengalami keguguran, komplikasi kehamilan atau risiko kesehatan di masa lalu. Dengan cara ini, minggu-minggu pertama kehamilan Anda yang paling penting akan diamati dengan cermat.

4. Waktu terbaik melakukan tes kehamilan

Menurut para ahli, tes kehamilan akan menjadi yang paling akurat jika dilakukan pagi hari, pada kencing pertama Anda. dibandingkan dengan waktu malam, kencing pagi memiliki konsentrasi hormon hCG yang lebih tinggi.

Tidak seperti tes urin lainnya, Anda tidak perlu minum lebih banyak air daripada biasanya. Melakukan hal itu dapat mencairkan urin, mengubah hasil dan membuatnya lebih mungkin untuk melihat hasil positif palsu pada tes.

Tidak perlu dikatakan lagi, jika Anda melihat hasil negatif atau mengamati positif palsu, Anda dapat mengulangi tes.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak