alexametrics

Sebelum Meninggal, Ade Irawan Punya Riwayat Penyakit Jantung dan Paru-Paru

loading...
Sebelum Meninggal, Ade Irawan Punya Riwayat Penyakit Jantung dan Paru-Paru
Almarhumah Ade Irawan (tengah bawah) sebelumnya pernah masuk rumah sakit dan mendapatkan perawatan intensif. / Foto: Instagram @adekirawan504
A+ A-
JAKARTA - Sebelum meninggal dunia, aktris senior Ade Irawan dikabarkan memiliki riwayat penyakit jantung. Bahkan, Ade sudah menjalani dua operasi jantung. Pertama pada 1987 ketika usianya 50 tahun, kemudian 1997, saat aktris kelahiran 5 April 1937 itu berusia 60 tahun.

(Baca juga: Ade Irawan Meninggal Dunia, Ini Firasat Putra Keduanya)

Selain penyakit jantung, Ade Bambang Irawan, putra kedua Ade Irawan, mengungkapkan bahwa ibunya juga memiliki masalah pada paru-parunya. Kondisi paru-paru Ade Irawan terendam cairan. Diakuinya, kondisi ini sama seperti yang dialami sang adik, Ria Irawan, yang mengembuskan napas terakhir pada 6 Januari lalu.



"Emang penyakit tua ya. Usia kan hampir 83 tahun. Jadi, komplikasi jantung dan sudah pernah operasi juga. Terakhir itu ada paru-paru juga sudah kerendam. Sama lah kejadian seperti Ria juga. Jadi sudah disedot dan tadi juga sudah disedot lagi, sampai mengembuskan napas terakhir," kata Ade Bambang Irawan.

Pria yang akrab disapa Abi Irawan itu juga menuturkan, sang ibu masuk rumah sakit tepat dua hari lalu, karena mengeluh sesak napas. Akibatnya, dia dibawa ke rumah sakit pukul 2.20 WIB. Sementara, terkait kondisi terakhir Ade Irawan, Abi mengatakan, ibunya itu sudah tidak bisa lagi menanggung penyakit yang diidapnya.

"Awalnya ibu saya itu masuk rumah sakit dua hari lalu karena sesak nafas. Itu kejadiannya jam 2.20 pagi dan kebetulan adik langsung berangkatkan beliau ke rumah sakit. Tapi tadi setelah ditangani di rumah sakit sudah ada gejala drop dan akhirnya meninggal dunia pukul 14.22," ungkapnya.

"Kondisinya sudah lemes ya, karena fisiknya sudah kurang kuat untuk menanggung penyakit itu," tambahnya.

Ade Irawan menghadap Yang Maha Kuasa pada Jumat (17/1) pukul 14.22 di usia 82 tahun. Sebelum meninggal dunia, Ade sempat jatuh sakit dan menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta.

Saat ini, jenazah Ade Irawan disemayamkan di rumah duka di Lebak Lestari Indah Residen, Jalan Anggrek lestari Indah Blok N No 11 Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rencananya jenazah Ade Irawan akan dimakamkan satu liang bersama sang suami Bambang Irawan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pukul 10.00 WIB, Sabtu (18/1).

"Pemakaman besok pukul 10 pagi blok A atau AA saya lupa. Di Tanah Kusir yang kemungkinan akan dimakamkannya sama dengan makam bapak saya almarhum. Ditumpuk," tutupnya.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak