alexametrics

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Bercinta Pascamelahirkan!

loading...
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Bercinta Pascamelahirkan!
Bercinta setelah hamil sama pentingnya dengan saat sebelum kehamilan. Namun seringkali, hal itu membuat wanita stres karena banyak alasan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Bercinta setelah hamil sama pentingnya dengan saat sebelum kehamilan. Namun seringkali, hal itu menjadi situasi yang membuat stres bagi wanita karena perubahan postpartum dalam tubuh mereka, seperti nyeri, kekeringan pada vagina, dan perdarahan.

Memiliki masalah fisik dan sibuk dengan mengurus anak, membuat banyak pasangan tidak dapat memutuskan waktu yang tepat untuk memperbarui keintiman dengan pasangannya. Seperti dilansir Boldsky, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang seks setelah melahirkan, utamanya untuk mereka yang baru menjadi orang tua.

1. Mulailah perlahan-lahan
Sebelum bercinta, mulailah perlahan-lahan dengan memeluk, foreplay atau orgasme karena hal ini membantu pelepasan oksitosin yang melumasi vagina dan membantu dalam kontraksi otot-otot rahim sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat berhubungan.



2. Rawat tubuh
Melahirkan sangat traumatis bagi wanita. Apalagi, wanita harus berjuang keras untuk merawat bayinya. Dalam kondisi ini, spa atau pijat adalah ide terbaik untuk merilekskan tubuh dan menghangatkan kembali gairah bercinta. (Baca juga: 5 Langkah Mudah Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak).

3. Latihan kegel
Latihan kagel paling dikenal untuk menyembuhkan semua masalah dasar panggul terkait dengan persalinan. Ini membantu memperkuat otot-otot panggul, mengencangkan vagina dan meningkatkan sensasi di bagian panggul untuk mengalami hubungan seksual yang menyenangkan.

4. Pelumas adalah pilihan terbaik
Kekeringan vagina adalah masalah paling umum wanita setelah melahirkan karena kadar estrogen yang rendah. Ini sering menyebabkan mereka kesakitan saat berhubungan intim. Karena itu, coba gunakan pelumasan karena akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit selama aktivitas seksual.

5. Luangkan waktu
Stres dan kelelahan pascamelahirkan adalah hal biasa, tetapi itu tidak berarti Anda harus berhenti berpikir untuk mengembalikan kehidupan seksual. Luangkan waktu untuk pasangan atau terlibat dalam kegiatan intim.

Catatan: Sebenarnya tidak ada waktu yang tepat untuk benar-benar memulai kehidupan seks setelah melahirkan. Namun, para ahli medis merekomendasikan jarak empat hingga enam minggu pascamelahirkan menjadi waktu yang tepat. Tidak peduli apakah Anda melahirkan normal atau ceacar.

Menurut penelitian, sekitar 83% wanita menghadapi masalah seksual tiga bulan pertama setelah melahirkan. Masalah umum yang mereka hadapi adalah kekeringan pada vagina, nyeri, perdarahan, kehilangan libido, atrofi vulvovaginal (kehilangan elastisitas vagina), pegal-pegal, dan banyak lainnya karena penurunan kadar estrogen setelah kehamilan dan juga karena menyusui.

Harus diingat, jika Anda sudah memulai hubungan seksual setelah melahirkan, Anda juga harus melanjutkan kontrol kelahiran karena ada risiko hamil lagi, bahkan sebelum kedatangan periode postpartum pertama.
(tdy)
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak