Sambut Imlek, Dua Maskapai Buka Rute Penerbangan Charter Tiongkok-Manado

Minggu, 19 Januari 2020 - 09:30 WIB
Sambut Imlek, Dua Maskapai Buka Rute Penerbangan Charter Tiongkok-Manado
Sambut Imlek, Dua Maskapai Buka Rute Penerbangan Charter Tiongkok-Manado
A A A
MANADO - Menyambut tahun baru Imlek, maskapai penerbangan Citilink dan Lion Air membuka rute penerbangan charter dari kota-kota di Tiongkok ke Manado dan sebaliknya. Penambahan rute ini untuk mengakomodir keinginan para turis asal Negeri Panda untuk berwisata ke Sulawesi Utara, khususnya Manado.

Seperti diberitakan sebelumnya, antusiasme turis asal Tiongkok untuk berwisata ke Sulawesi Utara (Sulut) tidak surut, bahkan selalu meningkat. Pada awal hingga pertengahan Januari 2020 ini saja, sejumlah rombongan turis diketahui telah mendarat di Bandara Sam Ratulangi. Rute penerbangan charter dari Tiongkok ke Manado pun sudah bertambah melalui maskapai Citilink dan Lion Air. (Baca Juga: Kedatangan Turis Tiongkok ke Sulut Masih Mendominasi)

Citilink secara resmi telah membuka rute penerbangan charter baru yakni rute Guiyang-Manado sejak Kamis (16/1). Sementara Lion Air juga sudah mengoperasikan kembali rute Manado-Hangzhou mulai Sabtu (18/1).

Menyambut datangnya para penumpang asal Tiongkok, manajamen Bandara Sam Ratulangi telah menyiapkan bingkisan dan secara simbolis dilakukan pengalungan kain bentenan kepada perwakilan cabin crew juga penumpang sebagai simbol keramahtamahan serta ucapan selamat datang di Sulawesi Utara.

"Sebagai pintu gerbang untuk masuk dan keluar para wisatawan di Sulawesi Utara, tentu menjadi tanggung jawab kami di Bandara Sam Ratulangi untuk terus menjaga kesan pertama dan terakhir. Apalagi minat dari para wisatawan mancanegara utamanya dari negeri Tiongkok untuk berkunjung di daerah Nyiur Melambai ini terus meningkat," ujar Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado.

Minggus menambahkan, berdasarkan data Imigrasi TPI I Manado, sepanjang tahun 2019 tercatat sebanyak 116.144 turis Tiongkok masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi atau meningkat 8,5% dibandingkan tahun 2018.

"Melihat hal tersebut, maka manajemen melakukan pembenahan melalui proyek perluasan baik gedung terminal maupun parkir, serta renovasi gedung terminal eksisting guna mengakomodir jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang selalu naik setiap tahun. Juga utamanya untuk meningkatkan kepuasan para pengguna jasa di Bandara Sam Ratulangi ini," ujar Minggus.

Maskapai Citilink akan melayani penerbangan charter dari dan ke Guiyang sebanyak satu kali dalam seminggu. Sedangkan Lion Air akan melayani penerbangan charter dari dan ke Hangzhou sebanyak tiga kali dalam seminggu.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4365 seconds (0.1#10.140)