alexametrics

Lima Cara Goreng Ikan Agar Tak Lengket dan Meletus di Wajan

loading...
Lima Cara Goreng Ikan Agar Tak Lengket dan Meletus di Wajan
Menggoreng ikan bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, ketika menggoreng ikan, minyak kerap meletus hingga melukai kulit atau malah ikan lengket di wajan. Foto/Asianfoodnetwork.com
A+ A-
JAKARTA - Memasak ikan goreng bukan perkara mudah. Bagi sebagian orang, mengolah ikan, khususnya menggoreng, bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, ketika menggoreng ikan, minyak kerap meletus hingga melukai kulit atau malah ikan lengket di wajan.

Dua hal tersebut memang sangat menjengkelkan. Karena itu, banyak orang mengaku, tidak suka menggoreng ikan. Padahal ikan goreng memiliki rasa yang nikmat. Apalagi jika disantap bersama sambal, lalapan beserta nasi hangat.

Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi saat menggoreng ikan. Ada beberapa trik mudah menggoreng ikan agar tidak meletus ataupun lengket di wajan. Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman Endeustv.



1. Pilih ikan yang tepat.
Kalau ingin menggoreng ikan, pastikan Anda hanya menggunakan ikan yang segar. Selain rasanya kurang sedap, ikan yang tidak segar mudah rapuh ketika digoreng. Hal ini bakal menyebabkan bentuk ikan tidak bagus dan bahkan hancur.

Agar menggoreng ikan lebih mudah, gunakan ikan yang berukuran lebih kecil dan tidak banyak lemak. Ikan yang tidak banyak lemak akan menghasilkan ikan goreng yang krispi di luar dan lembut di dalam.

2. Keringkan ikan terlebih dahulu.
Salah satu kesalahan ketika menggoreng ikan adalah langsung menggorengnya dalam keadaan basah. Padahal air dari ikan akan membuat suhu minyak menjadi turun. Hal ini dapat membuat rasa ikan kurang lezat.

Sebelum menggoreng, lap ikan dengan tisu untuk mengurangi kadar airnya. Jika sudah terlanjur merendam ikan dengan bumbu marinasi, tiriskan ikan terlebih dahulu sebelum menggorengnya.

3. Panaskan wajan sebelum menggoreng.
Kebiasaan sebagian besar orang ketika memanaskan minyak adalah menuangkan minyak ketika wajan dalam keadaan dingin dan memanaskan minyak. Cara ini akan mempengaruhi hasil bahan makanan yang digoreng. Agar ikan tidak lengket ketika digoreng, panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuang minyak dan tunggu sebentar hingga minyak panas.

Selain cara memanaskan minyak, suhu panas untuk menggoreng ikan juga harus tepat. Suhu minyak yang panas tinggi akan membuat ikan bertekstur renyah. Salah satu cara melihat apakah minyak sudah panas adalah dengan mencelupkan sendok kayu ke dalam minyak. Kalau muncul gelembung, artinya minyak sudah panas.

4. Goreng ikan dengan minyak banyak.
Untuk mencegah ikan lengket di wajan ketika digoreng, gunakan minyak yang banyak. Menggoreng ikan dengan minyak banyak akan membuat ikan mengapung dan tidak menyentuh dasar wajan. Dengan begitu ikan tidak akan lengket dan bentuknya tetap bagus sempurna.

5. Jangan membolak-balik ikan.
Salah satu faktor yang membuat bentuk ikan kurang bagus adalah terlalu sering dibolak-balik saat digoreng. Sebelum satu bagian ikan kering sempurna, biasanya ikan akan hancur ketika di balik karena teksturnya yang belum kokoh.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak