alexametrics

5 Obat Rumahan yang Bisa Menghilangkan Mual Saat Hamil

loading...
5 Obat Rumahan yang Bisa Menghilangkan Mual Saat Hamil
Mual bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Apalagi saat hamil. Perasaan mual yang tidak nyaman dan sensasi muntah dapat merusak suasana hati. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Merasa mual bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Perasaan mual yang tidak nyaman dan sensasi muntah dapat merusak suasana hati dan membuat Anda ingin tetap di tempat tidur sepanjang hari.

Apakah Anda merasa mual karena hamil, bepergian atau karena refluks asam, semua situasi sama sulitnya untuk ditangani. Untuk menghindari situasi ini, seperti dilansir Times of India, berikut 5 pengobatan rumahan yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi masalah tersebut:

1. Jahe
Jahe adalah rempah-rempah yang ditemukan di setiap rumah tangga. Ini adalah obat rumahan umum untuk mengobati gejala mual, muntah dan penyakit terkait lambung lainnya. Anda bisa mengunyah sepotong kecil jahe segar atau digunakan dalam memasak atau minum teh jahe. Sebagian besar, konsumsi jahe aman, tetapi Anda tidak boleh berlebihan.



2. Lemon
Rasa lemon yang menyegarkan bekerja secara ajaib ketika merasa mual. Jus lemon mengandung asam penetral, yang membentuk senyawa bikarbonat yang membantu meredakan mual. Tambahkan jus lemon dan sejumput garam dalam segelas air hangat, aduk rata, lalu minumlah.

3. Peppermint

Minyak esensial peppermint yang berbau juga membantu mengurangi mual. Berdasarkan penelitian, aromaterapi peppermint efektif mengurangi mual hingga 75 persen di semua kasus. Anda bisa menggosokkan beberapa tetes minyak esensial peppermint di tangan Anda dan kemudian menciumnya. Minyak peppermint berbau aman. (Baca juga: Tips Berbusana yang Menarik di Saat Perayaan Imlek).

4. Kapulaga

Mengunyah kapulaga adalah obat Ayurvedic lain yang umum dan efektif untuk mengobati mual dan muntah. Setiap kali Anda mulai merasa gelisah, ambil satu atau dua buah kapulaga di kunyah secara perlahan-lahan. Ini akan membantu menenangkan sensasi muntah.

5. Baking soda

Sodium Bicarbonate atau Baking soda adalah obat alami untuk menghilangkan mual. Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat, aduk dengan benar dan minumlah. Soda kue mengubah pH asam dalam lambung dan menekan perasaan pukish.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak