alexametrics

Kerap Kenakan Batik, Jerry Sambuaga Ingin Populerkan Warisan Budaya

loading...
Kerap Kenakan Batik, Jerry Sambuaga Ingin Populerkan Warisan Budaya
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga sangat gemar mengenakan dan mengoleksi batik serta kain tenun dari berbagai daerah di nusantara. / Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan menjadi bagian dari budaya Indonesia. Beragam cara yang dilakukan masyarakat Tanah Air guna menjaga salah satu kearifan lokal tersebut. Salah satunya sebagaimana dilakukan Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga.

Wamendag Jerry dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/1), mengungkapkan, dirinya sangat gemar mengenakan dan mengoleksi batik serta kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini merupakan upayanya untuk mencintai dan mempopulerkan warisan asli nusantara.

"Kearifan lokal seperti batik dan kain tenun ini potensi, dan saya senang mengoleksi berbagai motif dari seluruh Indonesia," tegas Jerry yang mengenakan batik berwarna kuning saat menemui perwakilan Kadin Manggarai Barat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu.



Menurut Jerry, dirinya sangat senang dan nyaman mengenakan pakaian batik atau tenun, baik itu untuk ke kantor atau saat menghadiri sebuah acara. Kegemaran ini pun mengilhaminya untuk terus mempopulerkan produk daerah.

"Saya melihat, produk-produk lokal dan handmade di Indonesia bisa jadi komoditas dagang yang menarik bagi pasar internasional," ungkap Wamendag 35 tahun ini.

Lebih lanjut, Jerry menyampaikan bahwa perlu ada penguatan marketing brand dari pengusaha lokal agar produk batik dan kain tenun daerah bisa lebih dikenal lagi. "Kita perlu inovasi sedikit soal brand awareness. Budget untuk promosi juga penting di era dagang saat ini. Kadin bisa merumuskan soal hal ini," sambungnya.

Sejauh ini, para pengusaha lokal terkadang masih terhambat dengan persyaratan ekspor, teknis melakukan ekspor, dan akses untuk melakukan promosi. Kemendag, kata Jerry, memiliki Balai Besar Pelatihan dan Pendidikan Ekspor Indonesia (PPEI) untuk meningkatkan pengetahuan syarat dan teknis ekspor buat pengusaha lokal. Hal ini bisa dimanfaatkan dan mereka juga dapat mendaftarkan usahanya.

Sementara, perihal melakukan promosi, Kemendag ke depannya akan membuka akses seluas-luasnya bagi para pengusaha lokal untuk melakukan promosi. "Apabila ada kunjungan ke luar, saya akan membuka peluang para pengusaha lokal diikutsertakan buat promosi," janjinya.

Di samping itu, Jerry juga akan mendorong kemampuan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan ke depannya. Keduanya memiliki peranan untuk bisa memopulerkan produk-produk Indonesia di pasar negara-negara tetangga.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak