Tips Mencegah Virus Corona ala dr Sonia Wibisono

Senin, 27 Januari 2020 - 08:48 WIB
Tips Mencegah Virus Corona ala dr Sonia Wibisono
Tips Mencegah Virus Corona ala dr Sonia Wibisono
A A A
JAKARTA - Virus Corona yang pertama kali muncul di Wuhan, China semakin memprihatinkan dan menyebar ke seluruh dunia. Minggu lalu dikabarkan ada 1 kasus terindikasi terkena virus di RSPI Sulianti Saroso. Akan sangat mengerikan apabila sampai mewabah ke Indonesia.

Ada beberapa usaha pencegahan yang bisa dilakukan untuk pencegahannya. Pada fasilitas public, seperti bandara maupun pelabuhan internasional misalnya, dilakukan dengan mendeteksi virus Corona lewat pemasangan alat pengukur panas tubuh, serta menyediakan ruang karantina.

Beberapa perusahaan di Indonesia yang memiliki hubungan dagang dengan perusahaan Tirai Bambu itu juga sudah melakukan early warning membagikan masker kepada pegawainya agar tidak mudah dan terdampak.

sementara, untuk mencegah virus masuk ke dalam lingkungan seperti, perkantoran, rumah, sekolah, dr Sonia Wibisono dan dr Reisa Brotoasmoro memiliki kiat jitu dan tips agar keluarga, kolega dan sahabat selalu aman dari wabah ini.

Pertama, hindari berpergian ke China ataupun beberapa negara yang telah didapati kasus dalam waktu dekat, selain karena timing tidak tepat. Kedua, jika terpaksa harus bepergian dengan pesawat, pastikan selalu menggunakan masker.

Ketiga, cuci tangan sesering mungkin dengan antikuman. Keempat, semprot ruangan, mobil, kantor, sekolahan, airport dan tempat yang dpakai banyak orang dengan spray LAVme antikuman. Juga di gagang pintu, gagang tangga, tombol-tombol lift, telepon, keyboard, alat gym, perabotan yang dipakai oleh umum, agar kuman hilang dan tidak menular.

Khusus untuk spray penyemprot ruangan anti kuman, dr Sonia menyarankan produk spray organik antikuman dan penghilang bau bernama LAVme. "LAVme terbukti dapat membunuh virus dan kuman yang ada di udara. Belum ada penanganan khusus untuk terapi virus ini, namun kita dapat mencegahnya dengan selalu membersihkan tangan kita dan ruangan yang kita tempati dengan spray LAVme," kata Sonia.

Keempat, wanita yang juga dikenal sebagai Influencer dan selebritis ini mengatakan virus corona sangat serius, bisa memasuki tubuh melalui tenggorokan. Jangan sampai tenggorokan terasa kering.

"Jika Anda biarkan tenggorokan kering dalam 10 menit virus bisa memasuki tenggorokan dan menimbulkan manifestasi. Maka usahakan agar tenggorokan tetap moist dan tetap lembab. Ingat, spray LAVme dapat membuat ruangan wangi, dan melawan virus yang menyebar di udara ruangan," terang Sonia yang pernah menjadi duta Indonesia untuk urusan kesehatan di PBB ini.

Kelima, jika memang keadaan mendesak, harus berpergian di airport, sebaiknya gunakan spray LAVme antikuman di meja, pegangan kursi, toilet dan usahakan jangan menyentuh handle bukaan pintu toilet secara langsung.

Keenam, hindari sering menyentuh hidung atau mata mulut sebelum cuci tangan. "Hindari juga gorengan terlalu banyak, dan minum banyak vitamin C. Coronavirus menyerupai SARS hanya saja sekarang dengan tipe OC43," tutur dia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5133 seconds (0.1#10.140)