Makan 2 Telur Setiap Hari, Perhatikan 8 Manfaatnya bagi Tubuh!

Selasa, 28 Januari 2020 - 15:30 WIB
Makan 2 Telur Setiap Hari, Perhatikan 8 Manfaatnya bagi Tubuh!
Makan 2 Telur Setiap Hari, Perhatikan 8 Manfaatnya bagi Tubuh!
A A A
JAKARTA - Makan telur bisa membuat tubuh tetap sehat, tetapi jika dimakan tidak berlebihan. Apakah direbus, goreng atau dadar, telur-telur itu membuat banyak orang suka.

Tapi, ada juga yang percaya bahwa kadar kolesterol tinggi dalam kuning telur dapat berbahaya bagi kesehatan, tapi para ahli berpendapat bahwa moderasi adalah kuncinya. Moderasi adalah suatu kegiatan untuk melakukan peninjauan agar tidak menyimpang dari aturan yang berlaku yang telah ditetapkan.

Nah, seperti dilansir Times of India, berbicara tentang moderasi, untuk mengkonsumi telur, ada baiknya makan dua telur setiap hari. Jika hal ini diterapkan, maka lihat efeknya untuk kesehatan, apa saja?

1. Kolesterol?
Untuk yang belum tahu, satu telur mengandung sekitar 186 miligram (mg) kolesterol makanan. Namun, menurut pedoman diet oleh Departemen Pertanian AS, telur tidak meningkatkan kolesterol pada sekitar 70 persen orang. Sementara, 30 persen orang yang tersisa, yang merupakan penanggap hiper, dapat mengalami peningkatan sedang dalam jumlah total dan low-density lipoprotein (LDL) dengan mengonsumsi telur.

Hal baik lainnya adalah bahwa makan telur juga meningkatkan high-density-lipoprotein (HDL), kolesterol baik. Orang dengan kadar kolesterol HDL yang memadai memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Menurut sebuah penelitian, makan dua telur sehari selama enam minggu dapat meningkatkan HDL sebesar 10 persen.

2. Sehatkan kulit, rambut dan kuku
Telur kaya akan vitamin B, termasuk vitamin B12, B5, biotin, riboflavin, tiamin dan selenium. Semua vitamin ini bagus untuk menjaga rambut, kulit, dan kuku. Telur memberi makan sel-sel tubuh, meningkatkan elastisitas kulit dan menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Satu porsi telur (2 butir telur) mengandung 59 persen dari asupan makanan yang direkomendasikan untuk selenium, 32 persen (RDI) asupan vitamin A dan 14 persen RDI untuk zat besi. Semua nutrisi ini dalam kombinasi dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Telur juga bertindak sebagai salah satu solusi terbaik untuk menangkal pilek dan flu.

4. Meningkatkan penglihatan
Dua antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam telur juga ditemukan di daerah makula mata. Penelitian telah menemukan bahwa lutein dan zeaxanthin dan omega 3, yang juga ditemukan dalam telur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Kedua antioksidan membantu menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang dengan melindungi terhadap degenerasi retina.

5. Meningkatkan memori
Zat seperti vitamin khusus - kolin dalam telur, membantu memetabolisme lemak, menjaga membran sel sehat dan meningkatkan fungsi otak dan memori. Kolin sulit ditemukan dalam makanan lain yang biasa dimakan.

6. Baik untuk wanita hamil
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Cornell University, asupan kolin yang tepat selama kehamilan dapat meningkatkan fungsi otak dan kecepatan reaksi pada bayi.

7. Menyediakan Vitamin D
Kebanyakan orang di India kekurangan nutrisi yang satu ini, Vitamin D. Untuk yang belum tahu, Vitamin D dalam telur membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dalam tubuh, yang menjaga tulang dan gigi tetap sehat.

8. Membantu pembentukan sel darah merah (sel darah merah)
Telur mengandung banyak folat. Infact, dua telur menyediakan hampir setengah RDI (diperlukan asupan harian) folat. Folat adalah jenis vitamin B, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah. Asupan nutrisi ini sangat penting selama kehamilan karena sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5399 seconds (0.1#10.140)