alexametrics

Majukan Industri Film Indonesia, Kemenparekraf dan MNC Pictures Siap Kerja Sama

loading...
Majukan Industri Film Indonesia, Kemenparekraf dan MNC Pictures Siap Kerja Sama
Kemenparekraf dan MNC Pictures siap bekerja sama untuk memajukan industri perfilman Indonesia. Apalagi saat ini perfilaman di Tanah Air semakin menggeliat. Foto/SINDOnews/Thomas Manggalla.
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap bersinergi dengan MNC Picture dan semua stakeholder untuk memajukan industri perfilman yang sedang tumbuh positif.

Hal itu ditunjukkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio yang hadir di tengah-tengah para tamu undangan dan seluruh pemain film Temen Kondangan pada Gala Premier film Temen Kondangan di XXI Epicentrum Jakarta Selatan, Senin (27/1) malam.

Pada kesempatan itu, Wishnutama mengaku pihaknya mempunyai cara dan startegi yang konkrit untuk memajuka industry perfilman, seperti melangsungkan syuting di lokasi-lokasi yang menjadi destinasi wisata Indonesia sehingga keindahan alam dan budaya terekplore.



"Kami berharap akan bekerja sama dengan MNC Pictures untuk syuting di lokasi-lokasi indah tujuan wisata, dan itu bisa menjadi potensi yang luar biasa ke depan," kata Wishnutama.

Wishnutama berkaca pada kesuksesan Hollywood yang membuat beberapa lokasi syuting menjadi sebuah obyek wisata menarik. Tempat-tempat pengambilan gambar dari serial Game of Thrones, film Lord of the Rings, atau bahkan The Martian kini menjadi destinasi wisata andalan di negara-negara luar.

"Kita ketahui saat ini di tempat ini, di negara-negara lain, banyak pengunjungnya terutama dari segi wisata meningkat karena film. Jadi film ini sarana yang efektif terutama dalam mempromosikan pariwisata Indonesia contohnya lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta jadi banyak kunjukan wisman maupun wisatawan lokal," jelas dia.

"Industrinya sekarang sangat baik, sangat maju. Dari tahun kemarin pertumbuhannya sangat luar biasa dan tentunya kami dari Kemenparekraf dalam hal ini harus mendukung ekosistemnya, bukan hanya produksinya saja makanya kita manfaatkan kemajuan era digital untuk mendukung industri perfilman," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, alumnus Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat ini siap mendukung pertumbuhan film Indonesia yang belakangan ini semakin meningkat. "Pastinya, saya terus mendukung perkembangan film-film Indonesia dan (film Temen Kondangan) ini akan diputar di bioskop tanggal 30 Januari. Saya harap ini bisa menjadi film yang sukses," ujarnya.

Ke depan, film Indonesia bisa semakin banyak yang tampil di luar negeri. "Saya yakin ke depan, apalagi melihat semangat MNC Pictures selama ini membuat film-film Indonesia semakin hebat, kami berharap ini bisa ke luar negeri," ujarnya.

Salah satunya yang ingin dilakukan oleh Kemenparekraf untuk semakin meningkatkan manfaat melalui medium film adalah menambah layar bioskop di Indonesia, serta meningkatkan jumlah penonton untuk film-film Indonesia yang diharapkan akan naik hingga 10 persen lebih.

"Memang bukan hal mudah, tapi itu salah satu bagian dari tugas kami di Kemenparekraf untuk memperbanyak layar bioskop di Indonesia makanya butuh support semua stakeholder," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Managing Director MNC Pictures Titan Hermawan mengatakan beberapa waktu terakhir ini pihaknya banyak melakukan diskusi dengan Menparekraf dan siap menghadirkan satu event yang cukup besar, tapi masih belum dibocorkan.

“Saya pikir ide dan untuk membuat event besar dan berbagai kebijakan lain untuk kemajuan industri itu akan sangat menarik dan menopang untuk industri film yang sedang tumbuh dan berkembang terutama dari sisi jumlah penonton dan dampaknya untuk industri wisata dan ekonomi kreatif lainnya,” beber Titan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak