Ajari Anak-anak Anda Belajar Bahasa Ibu, Ini Manfaatnya!

Jum'at, 31 Januari 2020 - 13:14 WIB
Ajari Anak-anak Anda Belajar Bahasa Ibu, Ini Manfaatnya!
Ajari Anak-anak Anda Belajar Bahasa Ibu, Ini Manfaatnya!
A A A
JAKARTA - Di zaman sekarang, mengajari anak-anak bahasa ibu dapat membantu mereka tetap terhubung dengan ‘akar’ mereka. Tetapi, pada saat yang sama, hal itu juga bisa menjadi tugas yang membosankan.

Secara ilmiah, ada banyak temuan yang didukung para ahli yang menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan belajar dua atau lebih bahasa akan mendapat manfaat.

Sementara, anak-anak yang belajar mengambil bahasa di tahun-tahun awal mereka berdiri untuk mendapatkan manfaat paling banyak, ada juga manfaat bermanfaat yang mengambil bahasa sebagai keterampilan tambahan.

Anak-anak yang belajar bahasa di sekolah menunjukkan fungsi otak yang lebih baik, fokus, lebih percaya diri, memiliki memori yang lebih tajam, berbagi ikatan keluarga yang lebih kuat dan kognitif, lebih fleksibel dan lebih siap untuk menghadapi tantangan dan melaksanakan tugas.

Seperti dilansir Times of India, berikut beberapa tips bermanfaat bagi orang tua yang ingin membuat anak-anak belajar bahasa asli dan mendapatkan kemahiran yang sama:

1. Jika Anda mencoba membesarkan bayi dwibahasa atau menanamkan bahasa lain pada anak Anda di tahun-tahun pembentukannya, ingatlah ini. Tidak ada satu ukuran cocok untuk semua pendekatan yang berhasil. Sama seperti gaya pengasuhan Anda akan berbeda dari yang lain, begitu juga teknik dan semua tentang mencari tahu apa yang terbaik untuk anak Anda.

2. Mengajarkan suku kata dari bahasa ibu atau bahasa asli bekerja paling baik di tahun-tahun awal ketika anakmengamati Anda dengan tajam. Jadi sebagai permulaan, cobalah berbicara bahasa ibu Anda di depan anak-anak Anda. Ini akan memungkinkan anak-anak untuk mengambil hal-hal yang penting dan semakin mereka terpapar pada hal ini, semakin baik mereka dapat mengekspresikan diri dalam bahasa yang sama.

3. Hal lain yang penting untuk diingat adalah melambatkannya. Tidak masalah apakah Anda mahir dalam bahasa itu atau tidak. Tetapi, jika Anda ingin anak-anak Anda tumbuh bilingual, selalu mulai dengan dasar-dasarnya. Strip bahasa ke inti, yang akan dipahami oleh anak-anak. Mengekspos diri mereka pada musik, mempelajari informasi tentang bentuk, warna, menghitung angka, bermain game bersama dapat membantu mereka mengambil keterampilan.

4. Untuk anak-anak agar tertarik secara aktif, mereka harus dapat menikmati apa yang mereka lakukan. Karenanya, terlibat dalam kegiatan tertentu yang menarik bagi selera anak Anda akan menjadikan pengalaman itu lebih memuaskan dan bermanfaat.

Anak-anak dapat memahami informasi dengan lebih baik ketika mereka bersenang-senang dan menikmati apa yang mereka lakukan. Manfaatkan kesempatan ini dan secara perlahan dan mantap, perkenalkan mereka dengan frasa, kosakata yang lebih baru.

5. Pada saat yang sama, Anda tidak boleh mengubah aktivitas menjadi tugas. Biarkan mereka mempelajari keterampilan sendiri. Jangan memaksakannya pada mereka. Jika mereka merasa tertekan atau terbebani, mereka mungkin tidak belajar nilai-nilai inti dan belajar untuk mencintai bahasa.

6. Untuk orang tua yang bersangkutan, satu-satunya cara anak Anda akan belajar tentang kegiatan jika mereka melihat Anda berbicara atau bercakap-cakap di dalamnya, dengan sepenuh hati. Penting juga bahwa Anda, sebagai orang tua, merasa bangga dengan bahasa ibu Anda.

Anak-anak akan selalu merasakan dan membalas cinta dan hormat yang Anda miliki untuk bahasa ibu Anda dan membawa pengetahuan ke depan dalam kehidupan dewasa mereka. Ini juga akan membantu mereka mencapai melek huruf dalam bahasa tersebut.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6667 seconds (0.1#10.140)