Jaga Kesehatan Diri Sendiri Cara Termurah Cegah Coronavirus

Jum'at, 31 Januari 2020 - 14:51 WIB
Jaga Kesehatan Diri Sendiri Cara Termurah Cegah Coronavirus
Jaga Kesehatan Diri Sendiri Cara Termurah Cegah Coronavirus
A A A
JAKARTA - Menyusul meningkatnya kasus akibat coronavirus (2019-nCoV) di tingkat global, khususnya di China, Menteri Kesehatan RI, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) meminta masyarakat Indonesia untuk menjaga diri sendiri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

''Yang perlu disadari benar adalah penting untuk menjaga kesehatan sendiri karena itu pencegahan yang paling baik dan murah. Jaga kesehatan sendiri imunitas sehingga tidak akan ketularan,'' kata Menkes Terawan dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Jumat (31/1).

Berperilaku hidup sehat dilakukan dengan melakukan hal sederhana seperti cuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, karena berbagai jenis virus, tak terkecuali coronavirus, bisa menempel pada benda yang kita pegang. Menggunakan masker, melakukan aktivitas fisik, dan segera periksa ke dokter jika mengalami gejala flu, demam, gangguan pernapasan, dan sakit tenggorokkan.

"Kita harus lihat bahwa yang paling penting tubuh kita harus tetap sehat, imunitas kita baik, caranya mencegah dengan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)," sarannya.

Lebih lanjut, Menkes Terawan mengatakan, akan berkoordinasi langsung dengan Kementerian Pertanian terkait masalah zoonosis. Kemudian dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan stakeholder lain terkait langkah-langkah yang harus dilakukan di bidang masing-masing untuk mencegah menyebarnya coronavirus di Indonesia.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5083 seconds (0.1#10.140)